Jadwal TOPIK tahun 2020 di Indonesia

TOPIK (Test of Proficiency in Korean) 2020 di Indonesia





Apa sih TOPIK itu? tidak berbeda dengan TOEFL atau IELTS dimana test ini mengukur kemampuan Bahasa Inggris kita sedangkan TOPIK merupakan Test untuk mengukur kemampuan bahasa Korea seseorang.

Apa sih kegunaan TOPIK? perlukah kita mengambil TOPIK. TOPIK sendiri diperlukan pada saat kamu ingin mencari/apply kerja ke Korea Selatan ataupun ketika kamu ingin kuliah ke Korea Selatan. TOPIK sendiri ada memiliki beberapa tingkatan/level mulai dari TOPIK level 1 hingga TOPIK level 6.


TOPIK I Beginner (Pemula)
Level 1 & 2 dibagi menjadi 2 bagian Reading & Listening

Tingkat 1: Penggunaan Basic dasar seperti Sapaan, membeli, memesan, dsb. selain itu juga dalam mengekspresikan dan memahami percakapan sehari-hari yang sederhana dari 800 kata dasar.

Tingkat 2: mambahas Topik-topik yang familiar dengan menggunakan kosakata sekitar 1500-2000 kata baik situasi formal dan informal




TOPIK II Intermediate & Advance (Menengah & Lanjutan)
Level 3-6 dibagi menjadi 3 bagian Reading, Listening & Writing

Tingkat 3: melakukan kegiatan dengan orang-orang di kegiatan publik/umum serta dapat menjaga hubungan sosial. memahami penggunaan kata dan ucapan yang benar berdasarkan karakteristik dasar korea.

Tingkat 4artikel berita, masalah sosial umum dan topik abstrak dengan akurasi dan kelancaran. Pemahaman konten sosial dan budaya Korea bergantung pada idiom esensial dan pemahaman aspek representatif dari budaya Korea.

Tingkat 5: Kefasihan dalam menggunakan bahasa Korea dalam penelitian atau pekerjaan profesional. Memahami dan mendiskusikan topik yang kurang dikenal di bidang politik, ekonomi, dan bidang lainnya. Penggunaan ekspresi yang sesuai, membedakan formal dan informal, tertulis dan lisan, berdasarkan konteks.

Tingkat 6: Benar-benar fasih berbahasa Korea untuk penelitian atau pekerjaan profesional, Kapasitas untuk memahami dan mengekspresikan diri sendiri tanpa masalah, meskipun tidak selancar penuh seperti penutur asli.


Di Indonesia sendiri untuk Tahun 2020 TOPIK akan diadakan sebanyak 2 kali (TOPIK 69th & TOPIK 72nd) yang akan diselenggarakan pada tanggal 21 April dan 18 Oktober 2020. di Jakarta sendiri untuk pelaksanaan TOPIK hanya akan dilakukan 1 Lokasi yaitu di JIKS (Jakarta Indonesia Korean School) yang berlokasi di Jalan Bina Marga No.24 Rt.2/4 Jakarta Timur.

TOPIK 2019 di Indonesia hanya akan dilangsungkan di 4 tempat yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali. untuk informasi dan Pendaftaran TOPIK di wilayah lain selain Jakarta silahkan hubungi langsung ke Instansi terkait yang ditunjuk untuk melaksanakan Ujian TOPIK seperti :
1. Universitas Gadjahmada untuk wilayah Yogyakarta. Untuk Informasi lebih lanjut hubungi 0274-4513096
2. Universitas Pendidikan Indonesia untuk wilayah Bandung. Tempat Pendaftaran di Lt.5 Ged.FPBS UPI, Bandung. Atau hubungi 0858-8871-3496
3. Bali Korean School untuk wilayah Bali. Untuk Informasi lebih lanjut hubungi 0361-464333

Pasti kalian bertanya bagaimana cara mendaftar TOPIK apakah harus lewat jalur tempat kursus bahasa Korea atau bisa lewat Jalur mandiri. Bisa dilakukan lewat jalur mandiri kok. buat kalian yang ingin mengambil ujian TOPIK di Jakarta kalian bisa langsung mendaftar ke JIKS. 

Syarat administrasinya yaitu :
1. Foto ukuran 3x4 sebanyak 3 Lembar  
2. Fotokopi KTP 1 Lembar serta
3. membawa Uang Pendaftaran 
TOPIK I sebesar IDR 200.000,- dan 
TOPIK II sebesar IDR 250.000,-
Biasanya tiap tahun akan ada kenaikan harga sebesar Rp 50.000,-

Pendaftaran hanya dilakukan secara langsung dan belum bisa dilakukan secara online. Pendaftaran langsung di JIKS sendiri dilakukan pada Jam kerja mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 siang.

untuk informasi lebih lanjut kalian bisa telepon ke JIKS terlebih dahulu di 021-8444958.

Mengingat Penyelenggaraan TOPIK tahun 2020 Di Indonesia hanya berlangsung sebanyak 2 kali yaitu TOPIK 69th di tanggal 21 April 2020 dan TOPIK 72nd di tanggal 18 Oktober 2020

Jadi Bagi kalian yang ingin mengikuti Ujian TOPIK 2019 kalian perlu  memperhatikan "Jadwal pendaftaran".

1. TOPIK ke 69 pendaftaran dilakukan mulai 31 Januari -6 Febuari 2020. dan Ujian TOPIK 69th akan dilaksanakan pada tanggal 21 April 2020 dan untuk tahap ke 2 yaitu 

2. TOPIK ke 72 kemungkinan besar pendaftaran akan dilakukan di bulan Agustus yaitu tanggal 4-10 Agustus 2020. dan Ujian TOPIK 72nd akan dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2020.

PENTING. Jangan sampai kelewatan waktu pendaftarannya yah. Jadwal pendaftaran bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan masing-masing instansi bisa maju atau mundur jadi pastikan untuk menghubungi langsung instansi yang telah ditunjuk untuk menyelenggarakan TOPIK.







Sertifikat TOPIK berlaku 2 tahun. Dengan memiliki Sertifikat TOPIK bisa menaikkan nilai kamu terutama saat kamu melakukan interview di perusahaan Korea yang ada di Indonesia. Terutama kamu yang memiliki keinginan bekerja di Korea Selatan kamu wajib memiliki sertifikat TOPIK sebagai salah satu prasyaratnya. Dan untuk yang ingin apply beasiswa kuliah ke Korea Selatan juga bisa jadi nilai tambah walaupun tidak selalu. Tapi ada dibeberapa kampus yang memberikan potongan harga khusus jika kamu memiliki TOPIK terutama TOPIK II level 4 keatas. 

Untuk info TOPIK bisa kalian cari di http://www.topik.go.kr atau di https://www.topikguide.com

Buat temen-temen yang kepengen belajar bahasa Korea. Kalian bisa baca dipostingan saya lainnya tentang tempat kursus bahasa Korea di jakarta di link ini.

Sekian Postingan kali ini semoga dapat membantu dan sampai ketemu di postingan lainnya :)

Comments

  1. Utk batas usia ikut tes topic brp th ya?

    ReplyDelete
  2. Klo ikut daftar sendiri atau bisa di wakilkan ? Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diwakilkan asal membawa ktp peserta asli bkn fotocopy kalo info by phone dr jiks. Kalo km mau lbh pasti lgs telp ke jiks nya

      Delete
  3. Kak bisa ikut topik I sm topik II sekaligus gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya bisa krn topik 1 biasanya diadakan pagi hari dan topik 2 nya disiang hari tp utk lebih jelas nya lgs hub sekertariat jiks nya

      Delete
    2. Bisa kok. 2016 aku pernah ikut ujian topik 1 dan 2. Benar kata Yulianti tan topik 1 pagi topik 2 siang (setelah topik 1)

      Delete
  4. kalau pada saat itu belum punya ktp gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya kartu identitas lain bisa spt sim namun jika pelajar seharusnya bs menggunakan kartu pelajar namun utk lbh pastinya silahkan lgs menghubungi jiks thx

      Delete
    2. kalau di jiks tanggal pendaftarannya sama dr tgl 18 s.d. 31 juli juga?

      Delete
  5. tempat penyeleggaran ujian TOPIK nya di mana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk jakarta di JIKS. Kalo km baca postingan saya sdh diinfokan di adakan dimana saja. Utk lbh pastinya silahkan hub penyelenggara topik dimana km tinggal atau terdekat dr km thx

      Delete
  6. Kak, klau langsung ke Topik II tnpa Topik I bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah mana bisa. Kyk mau naik smp tanpa melalui sd

      Delete
    2. Saya pernah kok langsung topik ii tanpa ikut topik i dulu ,kalau sanggup kenapa engga.

      Delete
    3. saya bisa kok, saya langsung ambil TOPIK II dan lulus level 3. Kalau memang ilmunya mampu, bisa langsung ambil TOPIK II

      Delete
  7. Usia lebih dari 35 bisakah ikut topik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya bisa. Karena tidak ada batasan umur setahu sy. Utk lbh pastinya hub jiks lgs

      Delete
  8. Replies
    1. Bisa langsung datang ke JIKS dengan membawa pasfoto 3x4 3 lembar dan fotokopi KTP, juga uang pendaftaran

      Delete
  9. Jadwalnya salah. Aku hampir ga daftar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lgs telp ke jiks karena jadwal ags berdasarkan perkiraan kemungkinan besar dr jadwal umum mrk bisa berubah. Namun lbh pasti hub jiks nya lgs

      Delete
  10. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  11. Kalau belum punya KTP harus melampirkan apa sebagai penggantinya?

    ReplyDelete
  12. Kak, aku mau nanya, aku udah pernah ikut topik ke 63 tp kebetulan aku pakai mac, jadi ga bisa lihat hasilnya. Sekarang aku sudah ada windows, tapi malah nomer registrasinya hilang. Kalau gini, aku bisa hubungi kemana ya untuk tahu nomer registrasi aku? Semoga kakak bisa membantu.. Terima kasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe yang ini sudah terjawab. Bisa langsung telepon ke JIKSnya kalau daftar lewat JIKS. Kasih adminnya nama kamu, ikut topik I atau II dan juga topik ke berapa yang diikuti :)

      Delete
  13. Kalo daftar topik itu urut level dr yang level satu apa bisa loncat ke level 3 misalnya??. terus satu kali tes topik itu bisa berapa level ya kak? buat yang tau tolong jawab terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Topik hanya ada 2 test.
      Topik I dan juga Topik II. Dua2nya bisa diambil dalam satu waktu karena biasanya Topik I diadakan pagi hari, dan Topik II siang hari.
      Jika ikut Topik I maka hasilnya diantara level 1 atau level 2.
      Jika ikut Topik II hasilnya bisa level 3 sampai dengan level 6.
      Jadi hasilnya tergantung kemampuan kamu :)

      Delete
  14. Kalau belum punya KTP harus melampirkan apa sebagai penggantinya?

    ReplyDelete
  15. Ka, diluar pulau Jawa kayak Sumatera gitu gak ada ya 😭

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. maaf mau kasih informasi, kalo pendaftaran TOPIK untuk ujian bulan April dimulai tanggal 6 Januari sampai 17 Januari.
    Untuk ujian bulan Oktober, tanggal pendaftarannya belum ada. Biasanya di pertengahan bulan Juli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk bulan oktober daerah mana aja ya? ada di bali gak ya?

      Delete
    2. dan bagaimana cara cek jadwal tes topik 1 dgn tempat masing" ?

      Delete
  18. minimal nilai kelulusan untuk topik 1 berapa yq?

    ReplyDelete
  19. Kak, kan tidak ada batas usia kan ya? Kalo misalnya kita belum punya ktp gimana kak?

    ReplyDelete
  20. Halo kak, berhubung adanya pandemi kira-kira bakal berubah gak ya pelaksanaannya? Adakah info terbaru? Atau kalo ingin follow up TOPIK Indonesia bisa liat di mana ya (web/medsosnya)? Makasih.

    ReplyDelete
  21. Pendaftaran berikutnya tanggal berapa dan sekarang covid tenaga kerja tetap kirim ke korea kah ?

    ReplyDelete
  22. ka saya kurang paham, sama pembayaran nya, boleh tolong jelaskan dari awal sampai mendapat sertifikat,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen