Bebas Visa Taiwan untuk Paspor Indonesia

Bebas Visa Taiwan untuk Paspor Indonesia


Apakah ini benar bahwa Visa ke Taiwan itu bebas? Pasti kita bertanya-tanya dalam hati, berarti kita dengan bebas masuk ke Negara Taiwan sama halnya seperti pada saat kita pergi ke Negara Singapura atau Malaysia cukup dengan membawa paspor saja tanpa perlu mengajukan Visa.


Eits hal ini tidak 100 persen benar, seperti halnya dengan Visa Jepang yang mana kita pemegang paspor Indonesia bisa bebas visa jika kita telah menggunakan e-paspport dengan  cara kita mengajukan Visa Waiver ke Kedutaan Besar Jepang dengan mengisi form Visa Waiver dan submit ke Kedubes Jepang. Pengajuan Visa Waiver ini tidak dipungut biaya alias gratis. 

Namun apabila kamu masih menggunakan paspor biasa kamu tetap harus mengajukan Visa Jepang seperti pada umumnya. 

Sama halnya dengan Visa Taiwan ada syarat khusus yang perlu kita penuhi agar kita bisa memperoleh bebas Visa tersebut. 

Syarat yang khususnya yaitu apabila memiliki salah satu visa atau izin tinggal dari Negara-negara seperti Amerika, Jepang, Korea Selatan, Australia, Inggris, Canada serta Negara-negara Eropa perjanjian Schengen yang masih berlaku ataupun yang telah habis berlaku namun tidak lebih dari 10 tahun, akan mendapatkan izin masuk ke Taiwan dengan mengisi formulir online melalui website ini.

Jadi jika kamu memiliki salah satu visa dari Negara disebutkan diatas ataupun Visa Waiver Jepang maka kamu bisa memperoleh Free Visa ini

Ketentuan Visa Waiver ada di website resmi ROC no. 9 (sembilan).


Per 1 Juni 2017 jika kamu pernah memiliki Visa Taiwan sebelumnya bisa mengajukan sertifikat ROC ini. Silahkan cek di link ini



Menurut informasi dari teman saya yang dia peroleh dari travel agen bahwa per 1 Nov 2017 bahwa Visa ke Taiwan itu Free. 

Saya pun mencari tahu kebenaran hal ini karena jika benar ini merupakan kabar baik. Jadi saya mengeceknya diwebsite resmi ROC. Untuk free Visa Taiwan Itu benar namun hanya untuk Warga Negara Filipina.

Jadi jika kamu pemegang paspor Indonesia kamu tetap bisa free visa dengan syarat khusus yang saya telah saya bahas diatas. Jika kamu cek ke website ROC untuk Indonesia tidak ada berita tentang Free Visa untuk Indonesia per 1 Nov 2017.




Langkah-langkah memperoleh bebas visa secara online, yaitu:

1. Daftar online melalui website ini
2. Setelah masuk website online Application for R.O.C

Pilih bahasa lalu Next -> Pilih Next lagi -> Baca Aplikasi online lalu pilih Next -> kemudian isi formulir yang tersedia lalu next -> yang terakhir adalah print/cetak pdf Sertifikat registrasi online
Yang perlu dilakukan 

Langkah 1
Langkah 2

Langkah 3

Langkah 4 - isi form 

Sertifikat registrasi online

Sebelum keberangkatan ke Taiwan jangan lupa untuk mengisi kartu kedatangan melalui website imigrasi di link ini. Serta siapkan  dokumen-dokumen yang perlukan pada pemeriksaan keimigrasian Taiwan. 


Online Arrival Card

Dokumen-dokumen yang diperlukan pada saat pemeriksaan keimigrasian Taiwan, yaitu:
1. Paspor RI yang masih berlaku lebih dari 6 bulan
2. Tiket pesawat Pulang/Keluar
3. Bukti fisik kepemilikan ITAP/ITAS/Visa yang disyaratkan. 
Jika Visa ada dipaspor lama karena berganti paspor, jangan lupa membawa paspor lama tersebut
4. Sertifikat Registrasi online


Pada saat tiba dibandara Taoyuan, Taipei di bagian keimigrasian bandara untuk pemeriksaan paspor, serahkan paspormu beserta dokumen berupa sertifikat registrasi online, tiket pesawat keluar dan salah satu visa persyaratan yang kamu punya.

Jangan lupa isi arrival card. Arrival card disini yang disediakan pihak bandara. Ini perlu diisi atau tidak? Selama kamu sudah mengisi arrival card online kamu tidak perlu mengisi arrival card yang disediakan bandara. 

Namun incase petugas imigrasi meminta arrival card, mereka akan memberikan arrival card untuk kamu isi dan kamu bisa mengisinya ditempat namun jika tidak diminta tidak perlu kamu isi.





Akhirnya saya berhasil masuk ke taipei dengan menggunakan visa online ROC ini yeah 😁



Berikut ini adalah surat dari imigrasi terkait perihal informasi bebas visa Taiwan untuk paspor Indonesia


Semoga pembahasan saya bermanfaat buat kamu yang ingin berwisata ke Taiwan. See you di postingan saya lainnya. Terima kasih buat kamu yang sudah membaca blog saya 😁

Jika Postingan ini bermanfaat bisa bantu dishare.

Berikut link postingan cara apply visa Korea Selatan sendiri tanpa Travel agent dilink ini

Comments

  1. Tlg tanya kalo kita sdh mengisi online arrival card pada waktu pemeriksaan di imigrasi bagaimana menunjukkan kalo kita sdh isi karena di keterangan web nya kalo online arrival card tdk bisa di print dan tdk dikirim email? Thx

    ReplyDelete
  2. Hai rachmat, utk arrival card online nya kamu isi sblm ketibaan dibandara dan memang utk arrival card online tdk bs diprint. Yg km serahkan kepetugas bandara arrival card yg disediakan bandara. Ini tergantung petugas imigrasinya ada yg meminta arrival card utk diisi ada yg tidak. Km tidak perlu isi lg arrival card yg ada dibandara namun jika diminta petugas kamu bs langsung isi ditempat so far selama kamu isi arrival card online biasanya tdk diminta lg dan so far yg saya alami sy berhasil melewati jalur imigrasi tanpa dipersulit

    ReplyDelete
  3. Nah kalo kita udh pernah punya visa taiwan belum lbih dr 10 tahun, namun harus ganti paspor baru itu perlu apply visa lagi ga y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Delvina,

      Kamu bisa mengajukan fasilitas bebas ini dengan daftar secara online. Jika kamu sudah berganti paspor jangan lupa paspor lama yang ada visa taiwannya untuk dibawa karena diperlukan untuk pembuktian di imigrasi

      Untuk keterangan lanjut kamu bisa buka di link ini yah

      http://www.roc-taiwan.org/id_id/post/859.html

      Delete
  4. Mbak, mau tanya, kalau sudah berhasil mendapatkan bebas, pada saat isi arrival card online pilih jenis visa, itu pilihnya visa apa ya?. makasih

    ReplyDelete
  5. Hai, kakak pakai visa korea bukan ya untuk apply bebas visa taiwan ini? Kebetulan saya hanya punya visa korsel yg sudah expired 2 thn lalu dan rencana akan menggunakannya. Lalu, ketika tiba di imigrasi airport taiwan, apakah ada pertanyaan2 khusus mengenai visa online ROC yg kakak lampirkan ini? Terima kasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa pakai visa korea. Tidak ditanya2 apa sih oleh pihak imigrasi yang penting visa korea kamu jika ada dipasport yang berbeda (misalnya karena ganti paspor) juga dibawa.

      Delete
  6. halo saya mau tanya,
    misal nama CANTIK

    Nama depan CANTIK
    Nama belakang CANTIK ( Apa diisi juga ?? )

    saya isi yg nama depan saja tidak bisa proses , diminta hub embassy
    kalau isi dua--duanya bisa proses,
    jadi yang mana benar ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai santi,

      Isi nama depan cantik dan nama belakang juga cantik. Ini harus diisi dua2nya karena ini kolom yg dilock (wajib diisi) jd kalo kamu tdk isi salah satunya secara otomatis dia ga ke save. Kalau memang namamu hanya cantik, ketik cantik baik di nama depan atau belakang. Hal ini biasa juga terjadi pd saat membeli tiket pesawat. Dan tidak bermasalah kok

      Delete
    2. Takut salah mbak, soalnya dr blogger lain bilangnya isi kolom depan saja, nah justru isi nama depan aja tidak mau .

      jadi tidak bermasalah ya , dag dig dug nih..
      oh saya memakai visa korea, terus no visanya yg mana satu ya?
      yg di mulai dgn IN72123733556 atau yang ada tulisan koreanya terus ada angka

      Delete
    3. Seharusnya tidak masalah karena nama kamu cuma santi misalnya ketik nama depan santi dan nama belakang juga santi. Dipasport namamu cuma santi gpp kamu isi baik nama depan dan belakang santi. Utk nomor visa kamu bisa isi km ketik yg INxxxxxx

      Delete
    4. oke
      makasih banyak ya infonya

      Delete
    5. maaf, ini yang terakhir
      untuk isi online arrive card, yg di kolom entry permit/visa no.
      itu diisi dengan authorization no. ya ?

      Delete
    6. Iya betul apabila menggunakan visa korea yg INxxxxx jika visa waiver jepang masukan nomor yg dibawah barcode

      Delete
    7. halo ci santi atau ci yulianti.. ini saya ketemu mslh seperti ini juga.. nama saya cuma 1kata, tidak bisa.. kalau saya masukin jadi double baru bisa ke approve.. apakah dgn ci santi pergi ke taiwan visa online memakai nama double ? tolong bntu jawab ci.. soalnya saya ada baca bloger sebelah sama kyk cici blg.. msti mskin nama cuma 1kata sesuai pasport.. dan memang bner ada yg cuma 1nama bisa ke approved dan sialnya sya nama 1kata tdk bisa.. mesti double baru bisa..

      Tolong bntu jawab ya ci santi dan ci yulianti

      Thanks

      Delete
    8. Waktu itu saya isi nama double, aman lewat tidak masalah

      Delete
    9. ohh, ci santi berangkat ke taiwan kapan ya waktu ajuin visa online taiwan double nama ? soalnya saya berangkat bln 10 ini.. ada teman saya 1nama ajuin di aprove , py saya dan istri saya 1 nama tidak mau approved, msti masukin nama 2 kata baru ke approve.. jadi galau...

      Delete
    10. Bulan mei 2018 , tidak masalah kok isi aja double
      Tidak ditanyakan kok, hanya mau lihat visa yg dipakai ajuin online
      Kalau nama widy
      Utk isi nama depan WIDY
      nama belakang
      WIDY

      Waktu itu saya juga galau, ternyata aman lewat dengan sempurna .

      Delete
    11. ohh, oy saya kan mau ajuin online pake visa taiwan lama saya.. tidak bisa pake 1kata maupun 2kata, terus saya pake visa korea saya baru bisa dgn 2 kata.. gpp kan ci klo pake visa taiwan yg lama tdk bisa, pake visa korea bisa dgn double gpp ya.. sama visa korea saya kmrn saya minta tidak jadi ke korea.. tetap bisa buat ajuin online taiwan kan ci..

      Thanks

      Delete
    12. Harusnya pakai yg visa taiwan bisa,
      Kalau yg visa korea ada, tapi blm pgi ke korea itu saya kurang tau, harusnya bisa la ya
      Kalau mau lebih jelas, kamu email aja lgsg ke ROC nya, beritahu kondisi kamu yg tentang visa ini
      Kalau nama udah jelas mau isi double atau 1 aja itu tidak masalah asal sesuai dengan paspor

      Delete
    13. email ROC apa ya ci ? saya pake visa taiwan saya tdk bisa ... hrs pake visa korea sih.. saya ad telp ke imigrasi taiwan juga.. ktny yg ptg visa korea tersebut msh dlm 10tahun bisa walaupun di pakai atau tidak..

      jd yg ptg nama 1 kata di isi double tidak masalah ya.. ini sya jd lbh tenang.. hehe

      Delete
    14. Saya kemarin open di website ROC nya terus contact us, kalau ga salah ingat
      Tapi kalau sudah telp ke ROC Taiwan dan sudah pastikan bisa, yda tdk masalah

      Nama isi double tdk masalah

      Delete
    15. ohh, tapi yg pasti tidak ada masalah dgn nama double ya ci.. walaupun nama di psport 1nama.. ada di suruh ke ruangan khusus ga ci di tanyain dulu gtu...

      Delete
    16. Hello Widy.. kmu kmrn pakai 2 nama ada masalah gak sampai di sana.. soalnya nama saya juga 1 kata.. jdi mau isi double Bru bisa approved.. mohon info nya ☺️

      Delete
  7. Untuk home address itu misal saya isi sesuai dengan KTP sedangkan skarang sy sudah tnggl di alamat tersebut? Apakah ntnya bermasalah ketika di imigrasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya tidak bermasalah. Krn mrk tdk cek smp detail. Yg penting pas diimigrasi bawa print out sertifikat roc nya beserta kelengkapannya. Alamat tdk masalah sesuai ktp

      Delete
  8. Hello,
    Mau tanya info, untuk sertifikat roc ini tidak perlu e-paspor kan? karena paspor saya masih yang biasa,
    juga, apakah tidak masalah mengisi mengunakan hotel yg belum pasti?
    dan bila sudah approved namun nomor flight ke Taiwan berubah, apakah perlu mengulang registrasi?
    Perlukah menelpon embassy untuk kepastian sertifikat ini?
    Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai,

      Tidak harus epaspor selama km memenuhi syarat paspor biasa jg bs. Utk alamat hotel mrk ga cek smp detail sih yg penting km masukin alamat km tinggal di taiwan. Terakhir kali sy memasukkan alamat hotel yg at the end saya tdk menginap disana. Utk nomor flight tdk masalah kalau berubah jika sertifikat online sdh approved tdk usah registrasi ulang. Krn flight sy jg berubah pas hari h krn sy ganti airlines pas pergi yg penting 1 minggu/beberapa hari seblm keberangkatan isi di arrival cardnya sesuai flight keberangkatanmu

      Delete
    2. Thank you so much infonya :)
      Tapi ini untuk imigrasi sana, udah pasti bisa lewat ya dengan sertifikat visa ini? di konter imigrasi apa aja yg perlu disertakan untuk kemudahan?

      Delete
    3. Seharusnya lewat sih krn sy bs melewati imigrasi dengan sertifikat ini. Kelengkapannya salah satu visa negara yg jd syarat sm tiket keluar. Jgn lupa sblm berangkat isi arrival card online. apalagi taiwan sedang gencar promo wisatanya seharusnya lbh dipermudah.

      Delete
    4. kapan harus di isi yg online? dan artinya tidak perlu isi arrival card disana lagi ya klo sudah online, data sudah otomatis masuk gitu ya?

      maaf ya banyak tanya...
      thank you sebelumny untuk infonya sangat membantu..

      Delete
    5. Seminggu atau beberapa hari sblm keberangkatan km ke taiwan. Yg penting seblm brngkt isi arrival card online. Utk arrival card fisik saran saya ambil saja ga perlu diisi jika diminta petugas imigrasi baru diisi. Seharusnya tdk perlu isi yg arrival card fisik. Ini just incase karena ada petugas yg minta utk isi arrival card fisik ada yg tidak.

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
  9. kalau apply visa nya belum ada pesawat plng pergi bisa ngak , baru beli ketika visa jadi dan di priny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear anthony,

      Pada saat pengajuan sertifikat ROC elektroniknya bisa memasukan nomor penerbangan sementara bisa cek di airlines utk no penerbangannya. Namun pas hari H keberangkatan tiket pulang harus sdh ada

      Delete
  10. Halo, mau tanya. Misalkan nama saya James Bond. Di kolom surname saya isi Bond dan di kolom given name saya isi James.

    Saat sertifikatnya keluar nama saya tetap jadi Bond James atau James Bond?
    Saya sudah isi form, tapi takut salah.
    Terimakasih bantuannya

    ReplyDelete
  11. Dear Nza,

    Jika bond nama keluargamu masukkan di kolom surname dan given name masukkan james nanti yg akan muncul bond james. Nama keluarga akan muncul didpn

    ReplyDelete
  12. Kak saya mau tnya, yg nomor visa itu kan "IN(ada 7 nomor) lalu dibawahnya ada angka lg (4 nomor) , 4 nomor ini jg di mskkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Saya memasukkan dari IN sampai 4 nomor yang ada dibawahnya.

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. hi..bole nny? online visa arrival mesti diisi scr online ya? trus.. di online visa arrival ada disuruh isi no visa.. itu isi no visa jepang ato korea kita yg di pasport kita ya? thanks ya..

    ReplyDelete
  15. Saya punya visa turis / visitor Australia yg berlaku setahun, apa ini bisa dipakai untuk persyaratan bebas visa Taiwan ? Thanks

    ReplyDelete
  16. Hai mau nanya kak. Kalau ud dpt visa waiver jepang. Bisa apply visa taiwan gak ya tanpa harus ke jepang? Thanks

    ReplyDelete
  17. halo, mau tanya.... saat pengajuan bebas visa taiwan ROC di TETO.... berapa hari yah jadinya? jadi di hari yg sama atau kita harus kembali lg bbrp hari kemudian utk ambil paspor kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kamu memenuhi syarat bisa lgs registrasi online saja di https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/languageAction!showForm

      Tdk perlu datang kekedutaan besar lg

      Delete
    2. Slmt mlm..
      Bikin visa online itu jdi ny brpa hari y. Terimakasih

      Delete
    3. Kalo isi datanya lengkap lgs terbit kok visa ROCnya

      Delete
  18. Kak, di arrival card, soal flight vessel. Misalnya penerbangannya transit, dari Indo ke Malay penerbangan ABC, lalu dari Malay k Taiwan penerbangan DEF.
    Nah, itu kita isinya flight vessel yg awal atau yg setelah transit ya, tau ga Kak?

    Thanks before.

    ReplyDelete
  19. Hi. saya rencana bulan 10 ini ke taiwan, jadi sebelumnya saya punya visa korea 6 tahun yg lalu. dan saya sudah coba isi form utk free visa tsb. tapi nga tau kenapa selalu gagal (keluar kolom : please contact the local embassies and missions of ROC to apply visa), bisa tau nga kenapa bisa gagal ?? dan apa ad yg salah dengan pengisian form saya ?? terima kasih yah !!

    ReplyDelete
  20. Halo kak, mau tanya dong. Saya kan buat visa taiwan online persis seperti kakak dimana saya itu punya visa jepang dan sudah diapproved visa taiwannya. Yang saya mau tanyakan adalah, saat isi online arrival card itu ada pilihan visa type, untuk pilihan visa-nya itu yang visitor atau visa exempt yah, karena saat coba visa visitor mesti masukin no visa-nya klo gak dimasukan gak bisa lanjut prosesnya (apakah menggunakan no visa jepang yang tertera divisa taiwannya) dan hanya bisa lanjut ke proses selanjutnya klo pilihannya visa exempt. Mohon bantuannya, pengalaman kakak kemarin bagaimana, terima kasih sebelumnya kak, salam.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen