Traveling to Nusa Penida, Bali

Traveling to Nusa Penida, Bali


Apabila kita mendengar nama Bali kita biasanya lansung terpikir mengenai Pantai Kuta, Seminyak, Ubud maupun Nusa Dua. Pernahkah kamu mendengar nama Nusa Penida sebelumnya, tempat ini menjadi booming sejak tahun 2016 semenjak lokasi ini ditayangkan di acara traveling maupun setelah foto-foto Nusa Penida mulai banyak diposting di Instagram. Saya sendiri mengetahui tempat ini tahun 2017 yang lalu ketika teman saya bercerita mengenai perjalanannya ke Nusa Penida. Saya pun tertarik untuk mengunjungi pulau tersebut. Sedikit latar belakang mengenai Nusa Penida. 

Nusa Penida merupakan sebuah Pulau yang berada di sebelah Tenggara dari Pulau Bali yang menempuh kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan speedboat dari Pelabuhan Sanur. Nusa penida merupakan tempat suaka dari burung. Nusa Penida Lokasinya berdekatan dengan Pulau Indah lainnya seperti Lembongan dan Ceningan. 

Oh iya saran saya apabila kamu mengunjungi Nusa Penida via Pelabuhan Sanur sebaiknya jangan menggunakan celana panjang dan jangan lupa untuk membawa sandal karena berdasarkan pengalaman saya kemarin celana saya basah kuyup karena speedboat di Pelabuhan Sanur tidak bersandar persis di pantai jadi pada saat kamu akan naik ke kapal kamu akan melewati air laut setinggi dengkul orang dewasa. Persiapkan baju ganti jika kamu ingin berenang maupun snorkeling.
 
Speedboat di pelabuhan Sanur

Postingan kali ini saya akan membahas pengalaman saya Traveling sehari di Nusa Penida. Jika kamu punya waktu lebih banyak saran saya untuk stay beberapa hari Di Nusa Penida karena kawasan wisata Nusa Penida sendiri dibagi menjadi 2 (dua wilayah yaitu sisi Barat (West) dan sisi East (Timur). Saya hanya berkesempatan mengunjungi Nusa Penida sebelah Barat. 

Saya memulai perjalanan saya ke Nusa Penida dengan menggunakan Speedboat melalui Pelabuhan Sanur yang berada di jalan Hang tuah, Sanur. Saya memilih menginap di hostel yang berada di dekat Pelabuhan karena jadwal kapal saya adalah pukul 8 pagi. Akhirnya saya memilih menginap di hotel yang dekat ke pelabuhan dan saya memilih the Alley City Hotel karena lokasinya yang berada tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Sanur yaitu memakan waktu kurang lebih 5-10 menit dengan berjalan kaki. Harga permalamnya sekitar 200.000 rupiah. Selain itu kamu juga bisa menikmati matahari terbit di Pantai Matahari Terbit di pagi hari sebelum berangkat ke Nusa penida yang lokasinya berdekatan dengan Pelabuhan Sanur yaitu kurang lebih 5 menit dengab berjalan kaki.

Untuk ke Nusa Penida kamu bisa memilih menggunakan Jasa open trip, Paket Travel dengan harga termurah berkisar dari 600.000 rupiah perorang. Jika makin banyak orang biasanya bisa lebih murah. Kamu pun bisa memilih untuk Jalan Sendiri Tanpa menggunakan Travel. 

Apabila kamu hanya sendiri kamu bisa menggunakan Jasa Open Trip dimana kamu akan digabung dengan peserta lainnya namun jika kamu dalam rombongan bisa menggunakan paket tur ataupun tanpa tur hanya menyewa mobil di Nusa Penida. Kamu juga tetap bisa memilih tanpa menggunakan Jasa Travel yaitu dengan menggunakan Pulic Boat dan Menyewa Motor yang berada di dekat Pelabuhan Toyapakeh, Nusa Penida. Semuanya kembali kepada Budget, Kenyawanan dan Pilihanmu. 

Bagi Kamu yang memilih untuk Jalan Sendiri, kamu bisa membeli tiket Public Boat secara langsung  di counter nya yang berada dekat Pelabuhan Sanur lokasi counter berada persis di samping Warung Mak Beng.

Daftar harga Public Boat di Pelabuhan Sanur

Harga public boat ke Nusa Penida sekali jalan seharga 200.000 rupiah.

Selain Public Boat kamu juga dapat menggunakan Private Speedboat dari beberapa perusahaan seperti Crown , Idola fastboat dan counter-counter Private Boat tersebut berada di dekat Pelabuhan Sanur yang berada tidak jauh dari Counter Public Boat kemudian belok ke kiri. Kamu bisa tanya-tanya atau cek harga mereka terlebih dahulu untuk bahan comparasi. (Kamu bisa membeli Tiket di hari H keberangkatan pastikan ketersediaan tempat duduk di Counter Private atau Public Boat). Saran saya terutama di hari libur atau long weekend lebih baik membeli 1 hari sebelumnya untuk menghindari kehabisan tiket.

Counter-counter fastboat di Pelabuhan Sanur

Kurang lebih perjalanan dari Pelabuhan Sanur ke Nusa Penida memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Saya sendiri menggunakan Speedboat dari perusahaan Crown Fastboat. Setibanya di pelabuhan toyapakeh nusa penida kamu bisa menggunakan jasa sewa motor maupun mobil. Harga sewa motor perhari pun beragam mulai dari 80.000 rupiah (tergantung nego). Saran saya jika kamu kurang mahir menggunakan motor saya tidak menyarankan menggunakan motor karena di sisi sebelah barat penida mayoritas jalanan nya rusak parah dan terjal. Banyak yang tergelincir bahkan terjatuh dari motor. Ga kebayang apalagi kalau hujan.

Pelabuhan Toyapakeh, Nusa Penida

Ini adalah salah satu foto jalanan rata yang rusak tidak terlalu parah. Dan masih banyak jalan rusak yang lebih parah dan terjal, jadi diharapkan untuk hati-hati yang berkendara menggunakan Motor. Semoga Jalanan di Nusa Penida bisa lebih baik dimasa depan.

Salah satu kondiai jalanan di Nusa Penida

Berikut ini objek wisata di wilayah sebelah barat Nusa Penida yang saya kunjungi :


1. Tebing Paluang (Paluang Cliff)
Tebing yang menjorok ke laut ini merupakan salah satu spot foto dimana kamu bisa mengambil gambar pantai keliling dari sisi lain beserta bukit dibelakangnya. Harap berhati-hati jika mengambil foto atau duduk di pinggiran tebing karena tidak ada pembatas. Tidak jauh dari lokasi ini terdapat Pura Paluang.




2. Pantai Kelingking (Kelingking Beach)
Pantai ini dinamakan kelingking dikarenakan bentuknya yang menyerupai jari kelingking. Kamu bisa melakukan trekking turun untuk menuju ke pantai yang ada tepat dibawahnya, kurang lebih memakan waktu 30 menit hingga 1 jam






3. Pohon Cinta
Masih berada satu lokasi dengan Kelingking beach. Pohon cinta ini merupakan tempat untuk spot foto favorite bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Lokasinya tepat berada persis di dekat parkiran pantai kelingking.





4. Broken Beach
Dinamakan broken beach karena adanya lubang di tengah batu karang yang disebabkan oleh hantaman air laut secara terus menerus. Justru lubang yang dianggap rusak ini justru membuatnya menjadi lebih menariik dan indah sehingga tempat ini dijadikan salah satu objek yang wajib dikunjungi di wilayah barat Nusa Penida.




5. Angel's Billabong
Billabong sendiri merupakan kolam yang terbentuk secara alami. Di kolam ini kamu bisa berendam maupun berenang. 




6. Crystal Bay
Pantai yang berada di wilayah barat Nusa Penida ini sangat cocok untuk dijadikan spot untuk menikmati matahari terbenam. Pantai ini sebelumnya bukan bernama "Crystal". Namun lebih di kenal dengan nama Crystal karena ada seorang wisatawan asing bernama Crystal yang sering mengunjungi pantai ini sehingga orang-orang mulai menyebut pantai ini dengan nama pantainya Crystal.






Selama 1 (satu) hari di Nusa Penida saya menggunakan motor dengan guide lokal. Biayanya sebesar 450.000 rupiah (sudah termasuk tiket PP fastboat, motor dan guide serta tiket objek wisata). Mengingat saya hanya mempunyai waktu 1 hari saya prefer menggunakan guide lokal untuk menghemat waktu dan uang. Selain itu pertimbangan saya adalah harga tiket public boat saja sekali jalan seharga 200.000 rupiah. Berarti untuk tiket PP saya perlu mengeluarkan uang sebesar 450.000 rupiah dan jatuhnya jadi lebih murah saya menggunakan jasa guide lokal yang kebetulan merupakan kenalan teman saya.

Catatan tambahan :

Warung Mak Beng
Jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi rumah makan Warung Mak Beng ini, warung yang terkenal dengan menu ikannya dan telah berjualan sejak tahun 1941 sangat ramai dikunjungi baik wisatawan maupun warga lokal terutama di jam makan siang. Yang khas dari warung ini dia hanya menjual satu jenis paket menu yaitu berupa sop ikan, ikan goreng dan nasi seharga 45.000 Rupiah (harga per maret 2018). Jika kamu tidak menyukai bau amis dari ikan kamu tidak usah kuatir karena sop ikannya sama sekali tidak amis ditambah dengan sambel yang enak dipadukan dengan ikan goreng.

Lokasi Warung Mak  Beng berada di Jalan Hang Tuah (tidak jauh dari Pelabuhan Sanur).






Bali Banana
Jika kamu merupakan pengemar buah pisang, kamu bisa mencoba salah satu oleh-oleh khas bali berbahan dasar pisang. Saya recommend Banana Bali ini sebagai oleh-oleh atau dimakan sendiri selain enak dan harganya cukup terjangkau. Salah satu favorite saya adalah rasa coklat.  Banana bali ini merupakan alternative oleh-oleh Bali selain Pia Legong maupun Pia Susu. Lokasinya berada di dalam ruang tunggu terminal domestik Ngurah rai atau di Jalan Dewi Sri no.45 B. Harga perkotaknya mulai dari 35.000 Rupiah




Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat dan sampai ketemu di postingan saya lainnya 😁

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen