Cara Apply Visa Schengen/Visa Eropa Sendiri Tanpa Jasa Travel Agent 2019 melalui Kedutaanbesar Jerman

Cara Apply Visa Schengen/Visa Eropa Sendiri Tanpa Jasa Travel Agent 2019 melalui Kedutaanbesar Jerman

Postingan kali ini saya akan membahas pengalaman saya mengajukan visa schengen melalui kedutaan besar Jerman lewat VFS Global . Saya mengajukan Visa Schengen melalui kedubes jerman karena saya akan mendarat pertama kali di berlin, jerman. 

Sebelum saya membahas langkah-langkah mengajukan visa schengen. Berikut ini syarat-syarat administratif yang harus kalian siapkan untuk mengajukan visa lewat VFS global yaitu sebagai berikut :

1. Pasport dengan masa berlaku min 6 bulan

2. Foto berukuran 3.5x4.5cm dengan menampilkan wajah 80% sebanyak 2 lembar

3. Asuransi perjalanan untuk kedubes Jerman minimal cover pertanggungannya adalah EUR 30.000. Saya sendiri menggunakan AXA kurang lebih saya membayar sebesar 533.000 untuk polis perjalanan selama 14 hari. (Tipe Gold). Jangan lupa juga untuk memprint lembaran asuransi perjalanan dari kedubes jerman dilink ini. Setelah diprint ditanda tangani dan dibawa saat jadwal temu janji. Diwebsitenya kamu bisa melihat list asuransi yang bekerjasama dengan pihak kedutaanbesar.

4. Fotokopi buku Tabungan yang menampilkan lembar halaman depan atau Rekening koran. Asli jangan lupa dibawa karena saat penyerahan dokumen di VFS buku tabungan asli diminta untuk ditunjukkan.

5. Surat Keterangan Kerja beserta Slip gaji. Untuk slip gaji tidak harus yang penting Surat Keterangan Kerja. Kamu bisa minta tolong bagian HRD kantormu untuk membuatkan Surat Keterangan Kerja.

6. Itinerary beserta lampiran bookingan tiket serta hotel/hostel/penginapan. Kamu juga harus mengisi formulir lembar perjalanan yang disediakan kedubes jerman. Formulirnya dapat kamu download di link ini. Diprint dan dibawa saat jadwal temu janji.


Saya akan membagikan langkah-langkah mengajukan Visa Schengen lewat Kedubes Jerman di VFS Global berdasarkan pengalaman saya pribadi pada awal Maret 2019 ini.
1. Isi formulir pengajuan Visa di link ini. Jangan lupa di print dan dibawa saat akan interview dan rekam biometric (sidik jari).

Untuk bagian reference jika kamu tidak mendapatkan undangan dari teman atau urusan pekerjaan silahkan isi reference nya hotel tempat kamu pertama kali menginap di Jerman.

2. Sign up atau daftar dahulu ke VFS Global website. Alamat email yang telah di sign up hanya berlaku 30 hari.  Berikut ini Link utk ke VFS Global

3. Setelah sign up, silahkan login ke VFS Global kemudian pilih jadwal schedule untuk temu janji di VFS Global yang berada di Kuningan City lantai 1.


4. Datang sesuai jadwal yang sudah di buat. Kamu akan diijinkan masuk 10 menit sebelum jadwal temu janji kamu. Setelah melewati pemeriksaan barang dan detektor kamu akan diberi nomor antrian dan silahkan menunggu di kedutaan dimana kamu mendaftar sampai nomor tokenmu dipanggil. Di dalam Handphone kamu harus dimatikan total.

5. Setelah nomor token kamu dipanggil. Petugas akan mengecek dokumen-dokumenmu mulai dari paspor, surat keterangan kerja, asuransi perjalanan, fotokopi buku tabungan akan dicross check dengan buku tabungan aslinya jadi jangan lupa dibawa, iternary termasuk tiket pesawat dan bookingan hotel. Yang tidak kalah penting formulir yang kamu isi dan telah diprint akan dicek lebih baik isi dengan benar dan lengkap jika kurang kamu akan diminta isi ulang. Tp tenang ada komputer yang bisa kamu pakai untuk mengisi serta bisa print juga (tp lbh baik benar supaya tidak repot).

6. Setelah dokumen dinyatakan oke kamu akan diminta membayar biaya visa. VFS juga menyediakan jasa kurir yang mana jika visa selesai paspormu akan dikirimkan langsung ke alamat rumah atau alamat kantor sesuai keinginan kamu dengan membayar biaya tambahan sebesar idr 50.000.

Biaya visa sendiri sebesar EUR 60 (IDR 970.000) dan VFS Global service sebesar IDR 260.000 jadi total uang yang saya keluarkan sebesar IDR 1.280.000 (bisa menggunakan cash ataupun kartu). Jika kalian ingin menggunakan jasa travel juga bisa sekitar IDR 1.5 jutaan (ini saya cek di Dwidaya).

7. Terakhir namamu akan dipanggil oleh bagian biometric untuk sidik jari. Setelah sidik jari maka selesai sudah proses pengajuan Visa Schengen di VFS Global. Tinggal menunggu harap harap cemas pasport kita yang telah tertempel visa schengen dikirimkan ke alamat kita (jika pakai jasa kurir) 😘

8. Jika kamu ingin mentrack status aplikasi Visa kamu sudah sampai mana kamu bisa cek di link ini dengan memasukkan no. Reference dan last name kamu. No reference tertera di invoice/receipt yang kamu terima saat pembayaran.


Beberapa tips:
1. Untuk tiket pesawat kamu bisa mengissued lewat thai airways/KLM airlines tanpa perlu membayar dan berlaku selama 72 jam untuk thai airways. Untuk info lebih jelas kamu bisa baca di postingan saya tentang "Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa" di link ini.
2. Untuk hotel kamu bisa booking lewat agoda pilih yang bisa free cancel dan pay later.
3. Untuk rekening tabungan kamu tidak perlu meminta surat referensi bank cukup menggunakan buku tabungan saja tinggal kalian fotokopi buku tabungan kalian . Dan yang penting buku tabungan kalian menunjukan mutasi minimal 3 bulan terakhir dan jangan lupa bagian depan yang menampilkan nomor rekening juga difotokopi. Lumayan mengirit 100 ribu kalo kamu minta referensi bank akan dikenakan biaya admin.  Catatan buku asli tabungan jangan lupa dibawa saat ke VFS global karena fotokopi buku tabungan akan diverifikasi dengan buku tabungan aslinya jadi buku tabungan asli kudu dibawa. Ada yang bertanya berapa sih jumlah uang yang harus dimiliki agar visa diterima. Sebenarnya tidak ada patokan yang pasti. Karena pernah ada yang bilang minimal 50 juta tetapi kenyataannya tabungan saya dibawah 50 juta waktu apply dan visa saya diapproved. Kalo pendapat saya yang penting kita melampirkan kelengkapan dokumen kita dan memang niat kita untuk traveling dan akan kembali ke Indonesia. 
4. Minimal batas waktu pengajuan visa mulai kapan sih? Maksimal 3 bulan dari tanggal keberangkatan misalnya kamu berangkat tgl 5 april 2019 berarti kamu bisa mulai apply visa sekitar 5 jan 2019. Kalau bisa jangan terlalu mepet karena untuk visa Schengen via Jerman sendiri membutuhkan waktu paling lama 15 hari kerja
5. Untuk asuransi perjalanan saya sendiri mengunakan AXA. Kamu bisa membeli polisnya secara online. Saya sempat menanyakan kepada petugas AXA apakah uang kita bisa kembali Jika visa ditolak? uang polismu bisa dikembalikan dengan syarat menyerahkan surat yang menyatakan bahwa visamu ditolak.

Akhirnya setelah 1 minggu menunggu.  Saya memasukkan berkas dokumen ke VFS Global serta Proses Biometrik (Sidik Jari) pada tanggal 14 Maret 2019 dan Tanggal 25 Maret 2019 lalu RPX mengirimkan Paspor saya ke kantor (karena saya menggunakan layanan kurir) dan syukurlah Visa saya diapproved 😁👍.

Sekian postingan kali ini semoga bisa membantu teman-teman sekalian. Jika ada pertanyaan bisa kirim di kolom comment. Sampai ketemu dipostingan saya lainnya.

Comments

  1. Very nice and Valauble Information. To Get more information about Visa, Please visit us on Schengen visa

    ReplyDelete
  2. saat pembuatan visa schengen, pemesan tiket bis/kereta/pesawat antar negara di eropa apakah diperlukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk kedubes jerman sendiri mereka akan menanyakan kelengkapan dokumen seperti booking hotel yang mereka cek kesesuaiannya dengan iternary yg kita buat dan lampirkan. terakhir kali saya ditanya bookingan bus karena pada tgl diiternarary saya tidak ada bookingan hotelnya Dan saya jawab dihari tsb saya naik bus malam. Jd saran saya yang kamu tidak melampirkan booking hotel lbh baik melampirkan bukti tiket bus.

      Delete
    2. Numpang tanya ya, berarti apakah kemarin pas ditanyakan, mba sudah ada bookingan tiket busnya? Kira2 bisa dapet bookingan tiket bus dimana ya? Soalnya saya juga ada overnight bus.
      Terima kasih

      Delete
  3. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  4. Hallo boleh tahu no refrence yang mana ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen