Traveling Seoul - Jeju - Busan Part 2

Melanjutkan post sebelumnya pada part pertama. Saya akan mereview 2 hotel lainnya 


2. Hotel Seri Resort Jeju

Hotel ini letaknya dekat dengan World Cup Intercity Bus Station

Saya berencana menggunakan angkutan umum (bus) selama berada di Jeju. Oleh karena itu saya memilih hotel ini karena dekat dengan terminal bus intercity dan mudah diakses dari Jeju International Airport.


Cara menuju hotel ini dari Jeju International Airport 

Dari Jeju International Airport, keluarlah dari gate nomor 5 dan cari bus nomor 600

Setelah naik bus nomor 600 bilanglah ke supir bus tujuan anda adalah World Cup Stadium. Hotel ini terletak tepat di belakang World Cup Stadium, jadi setelah sampai di bus station Worldcup, kamu akan melihat E-mart. Berjalanlah lurus sampai kamu menemukan deretan patung penjaga Pulau Jeju (Dolhareubang) dan kamu akan melihat belokan ke kanan, lalu belok ke kanan itu ke arah parkiran mobil stadium.

peta menuju Hotel Seri Resort dari Halte Bus Jeju World Cup Stadium

Kamu akan melihat papan bertuliskan "Restaurant 50m". Ikuti arah papan tulisan itu karena posisi restoran tersebut persis di seberang Hotel Seri Resort. Dari stadium ke hotel, kira-kira membutuhkan waktu 10-15 menit berjalan kaki.


tampak depan The Seri Resort Hotel, Jeju
Saran saya sebelum sampai di Korea, mulailah mencatat atau printscreen di handphone  tulisan hangul tempat-tempat yg anda ingin kunjungi. Jadi tinggal tunjukan saja tulisan tersebut ke supir bus atau orang lokal di sana apabila anda sampai kesasar. Biasanya saya mencari tulisan hangul di  http://english.visitkorea.or.kr


3. Hotel Gray Busan

Ini salah satu favorit hotel saya karena harganya yang paling murah dari kedua hotel yang lain dan dapat breakfast juga. Breakfast-nya lumayan enak. Selain itu, pelayanannya juga oke. Untuk ukuran kamarnya tidak terlalu luas jika dibandingkan hotel di Jeju, namun cukup nyaman dan bersih, serta paling dekat jaraknya dari subway station sekitar 50-100 meter dan membutuhkan waktu 3-5 menit dengan berjalan kaki.


Cara menuju hotel ini dari Gimhae Airport

Dari Gimhae Airport, keluar dari exit 1 untuk menuju ke airport train karena posisi airport train tidak berada di dalam gedung airport, namun kamu harus keluar dari gedung airport yaitu dari pintu exit 1. Berjalanlah lurus sampai kamu melihat lampu merah (traffic light), menyeberanglah dan kamu akan langsung melihat gedung airport train di sisi sebelah kiri

Tujuanmu adalah Sasang Station dan berhenti di sana lalu berpindahlah ke line 2 Seomyeon Station lalu turun dan ganti ke line 1 tujuan Choryang Station. Setelah itu, keluarlah dari exit/wayout nomor 12.

tampak depan Hotel Gray, Busan
Setelah keluar dari exit 12, kamu akan menemukan belokan ke kanan. Jalan sedikit dan kamu akan menemukan 3 persimpangan. Belok ke kiri, dan kamu akan dengan mudah melihat papan nama Hotel Gray. Sangat mudah menemukan hotel ini

cafe di Hotel Gray, Busan
breakfast di Hotel Gray, Busan

Langkah 3 : Pengajuan Visa
Langkah berikutnya adalah pengajuan visa. Dikarenakan negara kita belum bebas visa, maka kita perlu mengajukan visa ke Korea. Setahu saya, jika kita berpergian ke Pulau Jeju saja itu bisa free visa, namun harus dapat menunjukan bukti tiket pesawat dari dan keluar hanya via Jeju.

Berikut ini adalah syarat-syarat pengajuan visa Korea (single visa):
  1. Passport dengan sisa masa berlaku minimal 7 bulan + passport lama
  2. Pas foto berukuran 4x6 = 2 lembar dengan background putih
  3. Fotokopi bukti keuangan rekening atau tabungan dan ada stamp bank
  4. Surat referensi bank jika diperlukan/bagi paspor baru dan belum ada visa lainnya
  5. Surat sponsor dari perusahaan (bahasa inggris)
  6. Fotokopi SIUP (jika pemilik usaha)
  7. Fotokopi Kartu Keluarga
  8. Fotokopi Akte Nikah
  9. Fotokopi Akte Lahir (anak)
  10. Fotokopi Kartu Pelajar/Surat Keterangan Sekolah
  11. Fotokopi Surat Ganti Nama (jika ada)
  12. Fotokopi SPT PPh 21
  13. Bagi istri yang berpergian sendiri harus ada surat ijin dari suami, bagi anak yang bepergian harus ada surat ijin dari orang tua
  14. Fotokopi semua passport yang ada cap dan visa
  15. Travel itinerary : travel ticket dan hotel booking

Isi formulir visanya dan lengkapi dokumen persyaratan diatas. Biaya mengurus visa sendiri untuk single visa sekitar IDR 544.000 (data tahun 2016).

Saya sendiri menggunakan jasa travel untuk mengajukan visa dikarenakan saya tidak memiliki waktu untuk ijin kerja pada saat itu. Biaya yang dikenakan oleh travel agent pada waktu itu (Juni 2017) adalah sebesar IDR 687.000,-.


Alamat  Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia : 

Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.57 

Jakarta 12950
Tel : 62-21-2967-2555
Hours of Operation : 08:30-12:00, 13:30-16:30

Di postingan part 3 saya akan membahas tentang itinerary (Seoul, Jeju dan Busan) serta cara menuju ke lokasi obyek wisata yang saya kunjungi dengan menggunakan transportasi umum sehingga memudahkan teman-teman yang mau ke sana sendiri (solo travel).

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen