Traveling Seoul - Jeju - Busan Part 4

Lanjutan dari part 3

Dipart 3 yang lalu saya membahas perjalanan saya di Jeju. Saya akan melanjutkannya ke Busan.

BUSAN

Busan merupakan kota terbesar kedua setelah Seoul. dan ini perjalanan pertama kali saya ke Busan. Secara pribadi saya lebih suka Busan ketimbang Seoul, karena Seoul kota besar berasa atmosfirnya lebih mirip jakarta.

Beberapa waktu yang lalu teman saya ada bertanya sebenarnya ke Busan itu bisa ngak sih naik kereta? Jawabannya bisa banget. Bagi kamu yang ingin ke Busan dari Seoul boleh mencoba naik Kereta KTX (mungkin bisa dibilang seperti shinkansennya Jepang) harga tiketnya sekitar 52.000 won - 59.800 won sekali jalan, cukup mahal harga tiketnya untuk satu orang jika dirupiahkan dengan kurs 1 won 12,5 berarti sekitar Rp.650.000,- - Rp. 750.000,-per orang. Perjalanan yang ditempuh dengan KTX dari Seoul ke Busan kurang lebih 2 jam 45 menit.


Jika kalian tetap ingin mencoba naik kereta bisa mencoba jenis kereta lain seperti Mugunghwa Train

Harga tiket yang ditawarkan Mugunghwa Train lebih murah dibandingkan KTX sekitar 28.000 won namun waktu yang ditempuh lebih lama yaitu sekitar 5 jam 30 menit. Bagi kamu yang mau mencoba naik kereta ke busan bisa cek ke link ini untuk informasi lebih update. Alternatif lain untuk ke Busan bisa menggunakan pesawat terbang. Kamu bisa lihat diwebsite resmi beberapa maskapai penerbangan domestik low cost seperti Jeju air, Busan Air, Jin Air. Selain pesawat kamu bisa menggunakan moda transportasi lain seperti Bis/Bus, kamu bisa cek diwebsite ini https://www.kobus.co.kr/mrs/rotinf.do

Berikut ini itinerary saya di Busan


Hari 1

1. Gamcheon Culture Village

2. Haedong Yonggungsa Temple

3. Haeundae Beach


Hari 2

1. Taejongdae

2. BIFF 

3. Sajik Stadium

1. Gamcheon Village



Tempat ini wajib dikunjungi di Busan. Tempat ini dikenal sebagai Santorini nya Korea. Bangunan di desa ini berwarna warni mengingatkan kita pada bangunan yang ada di Italia. Village ini pemandangannya cantik dan bangunannya pun cantik dan unik.

Jadi pada saat kalian tiba di tempat ini jangan lupa membeli map seharga 2.000 won supaya tidak nyasar. Map ada yang dalam bahasa inggris juga mandarin (map bisa diperoleh di information center). 

Setiap kalian sampai ditempat yang ditunjukan oleh peta tersebut kalian akan mendapatkan cap dan dibeberapa lokasi kita juga dapat memperoleh postcard secara gratis. 





Cara menuju kesini :

Dari Toseong station (subway) line 1 keluar dari pintu exit nomor 6.

Dari exit 6, ambil jalan ke arah kanan jalan terus sampai ketemu perempatan pertama, belok ke kanan. Nanti akan terlihat Cancer Center Pusan National University Hospital, Dari sana gunakan Bus Seogu nomor 1-1 atau 2-2 lalu turun di Gamcheon Elementary School Bus Stop. Setelah itu tinggal menyebrang saja karena posisinya disebrang jalan.

2. Haedong Yonggungsa Temple

Temple Budha ini sangat populer diantara temple yang lain terutama saat tahun baru. Mayoritas temple lokasinya selalu digunung namun untuk temple ini lokasinya dekat dengan laut. Jadi kamu bisa melihat pemandangan laut dari temple ini. 

Tidak ada entrance fees di temple ini alias gratis dan jam buka temple ini mulai dari jam 4 am hingga 7 pm. Tempat ini bisa jadi pilihan kamu saat kamu mengunjungi Busan. 

Pada saat kamu masuk kedalam area temple ini kamu akan disambut 12 patung shio. Kamu bisa berfoto disamping patung shiomu.




Cara menuju kesini : 

Haeundae station line 2 keluar dari exit 7 berjalan lurus sampai menemukan halte bus kemudian naik bus no.181 dan turun di Yonggungsa Temple Bus Stop (disebrang jalan dihalte kita berhenti kamu akan melihat Lotte mall) tidak perlu menyebrang kearah mall. berjalan lurus saja searah bus kita turun  jalan sekitar 10-15 menit lalu kamu akan melihat petujuk Yonggungsa lalu belok kanan dan berjalan lurus saja sekitar 5-10 menit kamu akan menemukan banyak penjual aksesoris serta makanan ringan sejenis pasar kecil masuk kedalam pasar tesebut karena pintu masuk temple didalam pasar tersebut. Tiket masuknya free ditemple ini.

3. Haeundae Beach



Salah satu pantai yang wajib didatangi di Busan. Pantai ini ramai dikunjungi terutama di musim panas. Sensasi yang berbeda karena pantai ini dikelilingi gedung-gedung. Secara personal menurut saya pantai di indonesia lebih cantik (my next trip is pink beach, flores) cuma tidak lengkap rasanya ke Busan jika tidak mengunjungi pantai satu ini. Yang membuat rating pantai ini naik karena beberapa acara reality show berlokasi ditempat ini




Cara menuju kesini : Haeundae station line 2 keluar dari exit 5 berjalan lurus sekitar 500 m

4. Taejongdae



Taejongdae merupakan representative dari Busan dan memiliki pemandangan natural dengan tebing laut yang indah. Jika cuaca cerah kamu dapat melihat Oryuk Island bahkan Tsushima Island (bagian dari wilayah jepang).

Kamu wajib mengunjungi Yeongdo Lighthouse hingga rock beachnya dan masih banyak area yang bisa kamu explore. Untuk masuk ke Taejongdae resort park kamu tidak dikenakan biaya sama sekali (free entrance).




Tempat ini cukup luas buat kamu yang kelelahan bisa mencoba train yang disediakan resort ini "Danubi train" cukup dengan membayar sebesar 3.000 won kamu dapat mengelilingi area ini. 


Cara ke tempat ini :
Nampodong line 1 keluarlah dari exit 6 dari halte bus, kemudian naik bus no.8,30,66 dan 88 dan turun di bus stop Taejongdae Chagoji setelah turun tinggal berjalan lurus searah bus kita turun kurang lebih 100-200 m dan kamu sudah memasuki pintu masuk Taejongdae. Jika kamu stop di pemberhentian bus akhir Taejongdae kamu tinggal menyebrang saja 

5. BIFF (Busan International Film Festival) Square 



BIFF bisa dikatakan sebagai pusat perfilman di Busan karena di tempat ini biasanya film-film festival ditampilkan. Dijalan-jalannya kamu akan melihat cap tangan artis dilantai, mirip seperti Walk of fame nya Hollywood. Disekitar daerah ini banyak theater film selain itu banyak jajanan pinggir jalan yang mengoda saya untuk mencicipinya alias laper mata.

Salah satunya yang cukup terkenal jajanan didaerah ini adalah hotteok. Hotteok ini makin terkenal karena pernah masuk acara reality show korea. Belinya pun sampai antri, rasanya enak jadi tidak sia-sia mengantri. Harga hotteok sekitar 1.200 won per satuan (Juni 2017)

Seperti ini penampakan hotteok. Rasanya manis dan didalamnya ada seperti kacang-kacangan


Cara menuju kesini : Jagalchi station line 1 keluar dari exit no.7 jalan lurus sekitar 2-5 menit lalu belok kiri. Sudah masuk kawasan BIFF.



Oh iya, setelah belokan kiri tadi tidak jauh kamu akan melihat Toko semacam Daiso namanya Artbox. Barang-barang yang dijual ditempat ini lucu-lucu dan unik, pasti bikin kamu betah berlama-lama.

Ini foto dari penjaja makanan yang ada didaerah BIFF ini


6. Sajik Stadium



Tujuan saya ke tempat ini adalah untuk menonton olahraga paling disukai di korea selatan yaitu Baseball. Mencoba menjadi orang lokal dan ingin mengetahui bagaimana rasanya menonton secara live. Ternyata ada jadwal pertandingan kandang Lotte Giant sabtu ini. Kapan lagi mumpung masih di Busan. Kok saya bisa tahu ada jadwal pertandingan, mudah saja cek di link ini




Oh iya, apabila kamu juga ingin mencoba seperti saya jangan lupa menyiapkan makanan ringan karena mayoritas orang korea datang bersama keluarga, teman ataupun pasangan. Mayoritas mereka datang beramai-ramai dan tidak lupa mereka juga membawa perbekalan makanan seperti pizza, ayam goreng sampai bir kedalam stadium. Supaya kamu tidak ngiler lihat mereka makan :-D

Harga tiketnya berapaan? Jika dilihat dari list harganya yang paling murah sebesar 7.000 won atau sekitar Rp.87.500,- namun ini untuk anak-anak. Untuk harga tiket orang dewasa yaitu sebesar 12.000 won.




Sensasi menonton langsung memang berbeda, berasa sekali kehebohannya. Apalagi didalam pertandingan baseball ini juga ada beberapa games yang melibatkan penonton seperti dance cam (pada saat wajah disorot kamera kamu wajib berjoget) ada juga kiss cam. Cukup menarik dan mengundang tawa :-D



Didalam stadium kamu akan menemukan tempat merchandise Lotte Giant buat kamu yang ingin membeli souvenir atau oleh-oleh bisa membeli disini. Kamu juga bisa mencetak nama kamu di baju seragam Lotte giant yang kamu beli disini. 

Cara menuju kesini : Sajik station line 3 keluar dari exit 1 berjalan lurus kemudian menyebrang jalan lalu ambil belokan kanan ke 2 lalu berjalan lurus saja kamu akan melewati semacam mall lalu menyebrangi zebra cross lalu ke kiri berjalan lurus saja kamu akan menemukan pintu masuk ke stadium. Stadium ada disisi sebelah kanan
Dipart ke 5 saya akan membahas perjalanan saya di seoul dan tambahan cerita yang mungkin terlewat dipart sebelumnya.

Jika kamu membutuhkan referensi tempat wisata lain di Busan selain tempat-tempat yang telah saya sebutkan diatas serta Hal-hal gratis yang apa yang bisa kamu lakukan selama di Busan. Kamu bisa baca dipostingan saya lainnya "Free things to do in Busan" di link ini part 1 & part 2.


Ini Busan subway map. Kamu juga bisa download diapps



Dinext part kita akan melanjutkan ke Seoul. Ditunggu yah part 5

Comments

  1. Hi, every one it‘s my first time here and to see a kind of this blog; this webpage contains awesome and genuinely excellent information in support of readers.
    Https://yhn876.com 카지노사이트

    ReplyDelete
  2. Very enlightening! This blog of yours is a really good read. Thank you for this wonderful piece. I just hope that you'll keep doing what you love. Keep it up! If you need an inspiration for our work, come and visit our website.

    카지노사이트

    https://yhn777.com 카지노사이트

    ReplyDelete
  3. Good day everyone! Please visit our website. Just click the link below...
    안전놀이터

    ReplyDelete
  4. I still thinking about how great you are over here! Each one of your work was a powerful impact. Great my dear friend. Please kindly do visit this site below.
    It was so much fun! https://yhn876.com 카지노사이트

    ReplyDelete
  5. These are genuinely enormous ideas in about blogging.
    You have touched some fastidious points here. Any way keep up wrinting. Just visit our website too. 바카라사이트 https://game79zone.com 바카라사이트

    ReplyDelete
  6. I simply want to tell you that I am just very new to blogs and definitely savored your page. likely I’m going to bookmark your website and come to read more. You surely come with awesome blog content. Thanks for revealing your website page. Kindly do visit my site too.
    카지노사이트
    https://yhn876.com 카지노사이트

    ReplyDelete
  7. I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was great.
    바카라사이트

    ReplyDelete
  8. Thank you for sharing this
    It's very useful imformation
    just click the link below. Thank you!
    안전놀이터
    https://pmx7.com/ 안전놀이터

    ReplyDelete
  9. I have read your blog it is very helpful for me. I want to say thanks to you. I have bookmark your site for future updates 먹튀검증

    ReplyDelete
  10. Our greatest weakness lies in giving up. The most certain way to succeed is always to try just one more time. 먹튀검증커뮤니티

    ReplyDelete
  11. There is a lot of information here that can help any business get started with a successful social networking campaign 먹튀검증사이트

    ReplyDelete
  12. Excellent blog you have got here.. It’s difficult to find quality writing like yours nowadays. I honestly appreciate individuals like you! Take care!! 바카라사이트

    ReplyDelete
  13. Really impressed! Everything is very open and very clear clarification of issues. It contains truly facts. Your website is very valuable. Thanks for sharing. 토토사이트

    ReplyDelete
  14. Greetings! Very useful advice within this article! It is the little changes that will make the biggest changes. Many thanks for sharing. 꿀팁 대 방출 https://ecw7.com 꿀팁 대 방출

    ReplyDelete

  15. I’m not that much of a internet reader to be honest but your blogs really nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your site to come back in the future. Many thanks|

    Feel free to surf to my page - 오피

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen