Traveling Seoul - Jeju - Busan Part 6

Di part 5 saya sudah membahas perjalanan saya di Seoul.

Di bagian ke 6, Saya akan membahas beberapa cerita yang mungkin terlewat dibahas di part 1 sampai dengan 5.

JEJU

Makanan yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Pulau Jeju

1. Korean Black Pork

Yang berbeda dari pork ini adalah karena benar-benar m!enggunakan daging babi hitam (kamu bisa search di google seperti apa bentuk babi nya). Banyak review yang mengatakan “Black Pork” di Jeju adalah yang terbaik. Jadi tidak ada salahnya bagi kamu pencinta makanan dari babi, wajib untuk mencobanya. Harganya beragam tiap restaurant mulai dari 12.000 won hingga diatas 50.000 won.

Bagi kamu yang ingin mencoba, kamu bisa mencoba di restauran yang dekat dengan Yakcheonsa Temple (Temple yang pernah saya bahas di part 3). Nama restaurant nya “Black Ranch”


Black ranch restaurant yang dekat Yackcheonsa temple

Cara menuju Black Ranch Restaurant : Naik bus airport Nomor 600 turun di halte bus Yakcheonsa, berjalan lurus saja sekitar 5-10 menit berlawanan arah dengan bus kamu turun (jika arah bus kamu datang dari Jeju International Airport), kamu akan menemukan restaurant ini disisi sebelah kirimu.

2. Jeju Ttukbaegi

Abalone Hotpot ini wajib dicoba ketika kamu mengunjungi Jeju. Dan salah satu Restaurant yang menyajikan menu ini lokasinya dekat dengan Seongsan Ilchubong, restauran ini masuk dalam daftar the most beloved by local. jadi bagi kamu yang memasukkan Seongsan Ilchubong dalam itinerary-mu, kamu bisa sekalian mencoba mampir ke restauran ini. Lokasi restaurant ini tidak jauh dari pintu masuk Seongsan Ilchubong.



Cara menuju Seongsan Ilchubong kamu bisa baca di part 3

Oh iya pada saat keluar dari pintu masuk Seongsan Ilchubong kamu akan melihat banyak penjual makanan, salah satunya adalah penjual Ice Cream dan varian yang wajib dicoba adalah Hanrabong Ice Cream seharga 4.000 Won (ice cream ini terbuat dari Jeruk khas Pulau Jeju).



3. Jeruk khas Pulau Jeju

Kenapa buah ini saya masukkan kedalam list ini. Karena tidak lengkap rasanya ke Jeju jika tidak mencoba buah khas nya Jeju. Harganya sekitar 5.000 won, kamu bisa membelinya di pasar tradisional seperti di Seongwipo Maile Olle Market (untuk ke market ini kamu bisa lihat dipart 3)

4. Jeonbokjuk

Bubur khas korea yang terbuat dari campuran nasi dengan abalone yang biasa yang disajikan bagi raja korea. 

Menurut teman saya asal korea ini biasanya dimakan sehabis kita sakit karena sangat baik untuk kesehatan. 

Restaurant yang terkenal menyajikan menu ini adalah Myeongjin Jeonbok, Restaurant ini mendapatkan ranking pertama menurut Tripadvisor dalam kategori “List must to go”. Hanya saja lokasi berada di Jeju area, cukup jauh dari lokasi hotel saya. Bagi kamu yang hanya ingin sekedar mecoba rasa dari Jeonbokjuk, kamu bisa mencoba di restaurant lain seperti yang ada di Food Street dekat Kyungnam Hotel (Part 3).



Namun jika kamu benar-benar ingin mencoba Jeonbokjuk langsung dari Restaurant ini, siap-siap untuk mengantri yah. 

Lokasi restaurant ini dekat dengan Manjanggul Cave dan Kimnyeong Maze Park. Kamu bisa naik bus airport no. 100 atau 38 dari jeju international Airport dan turun di Manjanggul Cave. 

Berikut ini peta nya via google map

명진전복 Myeongjin Jeonbok Abalone Restaurant
1282 Haemajihaean-ro, Gujwa-eup, Cheju, Jeju-do, South Korea
+82 64-782-9944

https://goo.gl/maps/fNK7SSCCUNR2

Selama perjalanan saya di Jeju saya cukup sering menggunakan airport bus no. 600, Berikut ini saya lampirkan “Rute Airport Bus no. 600”

BUSAN

Dipart 4, ketika saya membahas Busan. Saya tidak melampirkan peta Subway dan peta lokasi wisata di Busan, dipart ini saya akan melampirkannya.



SEOUL

Ada satu hal terlewatkan oleh saya ketika membahas Seoul, yaitu Apps yang bernama “Seoul Subway”. Jadi kamu bisa mendownloadnya sebelum atau sesudah kamu tiba di Seoul. 



Selama saya di Seoul saya menggunakan Apps ini. Dikarenakan Apps ini cukup memudahkan kamu dalam menggunakan subway selama di Seoul, cukup memasukan lokasi kamu saat ini dan lokasi tujuan maka secara otomatis aplikasi ini akan mencarikan rute untuk anda. Apps ini bisa didownload secara gratis lewat playstore, kekurangan Apps ini banyak iklan (maklum gratisan). Map nya bisa tetap digunakan saat kamu offline (tdk terhubung jaringan internet).



Pada part 5 saya sempat membahas mengenai free entrance jika kamu menggunakan hanbok saat ke Gyeongbokgung Palace. Jadi bagi kamu yang ingin mencoba pakaian tradisonal korea. Biaya sewanya beragam mulai dari 10.000 won, tergantung lama penyewaan.

Berikut tempat penyewaan Hanbok yang dekat Gyeongbokgung Palace.

Geu-Nal-Geu Hanbok    그날그한복
 lokasinya 3 menit dari Gyeongbokgung palace



97-7 Sagan-dong
97-7 Sagan-dong, Jongno-gu, Seoul, South Korea

https://goo.gl/maps/rJfBwobXUP52

Kamu bisa mengunjungi website mereka di
http://hanbokthatday.co.kr/ 


Terima kasih buat kamu yang sudah membaca part 1 hingga part akhir ini. Semoga bisa membantu kamu yang ingin berangkat ke Korea Selatan. Sampai bertemu lagi di cerita saya yang lain 

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen