Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang


Pernah mengalami Kehabisan uang tunai saat sedang liburan. Hal ini bisa saja terjadi terutama saat kita sedang traveling ke luar negeri terutama buat kamu yang hobi belanja dan tanpa sadar kamu sudah menghabiskan uang tunai yang kamu punya. Memang kamu bisa menggunakan credit card untuk pembayaran. Tapi kadang ada merchant yang tidak menerima credit card. Saya pernah terpaksa mengambil uang tunai di jepang dan korea selatan. Di jepang sendiri saya akhirnya memutuskan mengambil uang tunai karena saya ingin mencoba makan di salah satu restoran rekomendasi michelin di Fukuoka dan ternyata mereka hanya menerima pembayaran dengan uang tunai saja. Sedangkan saat di Seoul, saya tidak bisa top up kartu T-Money saya dengan kartu kredit karena di minimart untuk pengisian atau Top-up hanya bisa dengan uang tunai saja. Sementara saat itu uang tunai saya tidak mencukupi. Itulah sebabnya saya akhirnya memutuskan mengambil uang tunai di ATM yang ada di Jepang dan Korea Selatan.

Apa bedanya mengambil uang tunai di ATM yang ada di Jepang dan di Korea Selatan? Menurut pengalaman pribadi saya adalah nilai nominal yang bisa di tarik/di ambil. 

Jika di ATM yang ada di Korea selatan Jumlah minimal yang bisa diambil adalah sebesar 10.000 Won (Jika dirupiahkan jika kurs Rp.12.7 maka berkisar 127.000 rupiah) sementara di ATM yang ada di Jepang adalah sebesar 10.000 Yen  (Jika dirupiahkan jika kurs Rp.125 maka berkisar 1.250.000 rupiah).


Korea Selatan 

Untuk pengambilan uang tunai di Korea Selatan bisa dilakukan di ATM Bank seperti KB Bank, Hana Bank, Woori Bank. Saya sendiri saat berada di Seoul menggunakan ATM KB Bank karena biaya administrasinya yang lebih murah karena kurs yang dipakai lebih stabil.

Berikut langkah-langkah pengambilan Uang tunai di ATM KB Bank:
1. Cari ATM yang berlogo Global Service (Mastercard, Visa, Cirus)


2. Pilih Bahasa -> other languages (Global Service) kamu bisa pilih bahasa Indonesia atau english dan masukkan kartu atm bank kamu (BCA, Mandiri, BNI, Cimb, dsb). Saya sendiri menggunakan ATM Mandiri. Yang paling penting ATM yang kamu miliki memiliki logo yang tertera di Global service.



 2. Pilih Transaksi -> Pilih yang Luar Negeri Bahasa Indonesia -> kemudian Pilih Penarikan Rekening Tabungan




 3. Pilih Jumlah Nominal yang akan kamu tarik/ambil. Minimum adalah 10.000 won
Kemudian masukkan Pin ATM mu dan tunggu hingga Uang tunai dan ATM keluar.






Jepang

Untuk pengambilan uang tunai di Jepang saya pribadi menggunakan Bank Seven (7-Bank) yang ada di 7-Eleven (minimart). Selain karena  menyediakan layanan bahasa Indonesia. ATM 7-Bank ini tersedia di semua minimart 7-Eleven yang ada di Jepang.




Berikut langkah-langkah pengambilan Uang tunai di ATM 7-Bank:
1. Masukan kartu ATM
2. Pilih Bahasa
3. Pilih "Tarik Tunai"
4. Pilih akun dana yang ingin anda tarik jika dari tabungan -> pilih "Tabungan"
5. Kemudian masukkan nomor pin ATM 
6. Pilih jumlah nominal yang akan diambil. Minimum adalah sebesar 10.000 Yen. Kamu juga bisa mengambil dalam pecahan 1.000 Yen sebanyak 10 lembar
7. Tunggu hingga Uang tunai keluar dan jangan lupa mengambil kartu ATM anda



Sekian postingan saya kali ini semoga dapat bermanfaat bagi pembaca blog ini. Sampai ketemu dipostingan saya lainnya 😁

Comments

  1. Boleh tanya? Kalau tarik tunai debit di atm korea selatan kena admin berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai adela, wkt itu kalo ga salah sekitar 30.000 rupiah lwt kb bank (kookmin bank) krn tiap bank beda biayanya.

      Delete
  2. kakak, kalo dibandingkan dengan bawa won dari indonesia lebih prefer mana ya?

    ReplyDelete
  3. Kalo ttp ngga bisa pake cara di atas gimana ka?

    ReplyDelete
  4. Kookmin bank mulai tahun 2019 feenya 3500 won. Untuk cara penarikan bisa dilihat di video ini:
    https://youtu.be/8Mge9NokjX8

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

BPHTB 0 Persen