Wisata Fukuoka

Wisata Fukuoka

Fukuoka & Nagasaki 

Ini merupakan ketiga kalinya saya mengunjungi Jepang. Tahun 2017 lalu saat musim dingin saya sempat mengunjungi Sapporo. Buat kamu yang butuh referensi mengenai Sapporo kamu bisa baca postingan saya mengenai wisata Sapporo di link ini part 1 & part 2.

Fukuoka merupakan kota terbesar ke enam di Jepang. Mungkin bagi kamu kota ini kurang begitu populer dibandingkan Tokyo, Osaka maupun Kyoto. Fukuoka sangat populer dikalangan wisatawan korea dikarenakan letak geografisnya yang berdekatan. Bayangkan dari Busan ke Fukuoka hanya membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit dengan menggunakan Pesawat. Waktu yang ditempuh lebih pendek jika dibandingkan penerbangan dari Jakarta menuju Bali yang memakan waktu hampir 2 jam. 

Fukuoka sendiri populer dengan Wisata tunnel Kawachi Wisteria Garden serta Tonkatsu ramen nya. Jadi bagi kamu yang ingin mencoba alternative kota lain di Jepang kamu bisa memasukkan kota Fukuoka sebagai destinasi wisata kamu berikutnya. Alasan lain saya memilih Fukuoka diperjalanan kali ini adalah karena jarak tempuhnya karena saya stay di Busan selain itu alasan lain karena saya berkeinginan untuk mengunjungi Nagasaki karena kota ini mengingatkan saya pada sejarah bom atom ditahun 1945 yang berkaitan juga dengan sejarah kemerdekaan Indonesia. Fukuoka dan Nagasaki masih berada di Region yang sama dengan yaitu Kyushu. 



Dari kota Fukuoka menuju kota Nagasaki kurang lebih memakan waktu 3 jam dengan menggunakan Bus. Ada beberapa alternative transportasi yang kamu bisa gunakan di Jepang seperti kereta api, pesawat dan Bus. Apabila kamu punya dana lebih kamu bisa mencoba menggunakan kereta cepat Shinkansen lebih praktis ketimbang menggunakan pesawat namun harganya cenderung lebih mahal. Untuk perjalanan saya kali ini dari Fukuoka ke Nagasaki saya lebih memilih menggunakan bus express. Bagi kamu yang ingin menggunakan Bus Express kamu bisa membeli tiket langsung di terminal bus hakata, Fukuoka ataupun membeli secara online. Jika kamu ingin membeli secara online kamu bisa membelinya di link ini.

Kamu tidak perlu memprint tiketnya kamu hanya perlu menunjukkan etiket dari handphone atau smartphone kamu saja ke supir bus pada saat kamu naik atau turun dari bus. Biayanya 2.315 Yen sekali jalan dengan rute Fukuoka ke Nagasaki dan sebaliknya.





Fukuoka


Berikut ini wisata di fukuoka yang saya datangi selama disana


1. Kawachi Wisteria Garden

Kawachi wisteria garden merupakan taman pribadi yang berada diperbukitan daerah selatan Kitakyushu yang terkenal dengan terowongan (tunnel) bunga-bunga Wisteria nya. Taman ini dibuka untuk umum selama musim bunga wisteria yaitu pada akhir april hingga pertengahan mei. Apabila kamu mengunjungi tempat ini pada saat high season saran saya kamu perlu melakukan reservasi terlebih dahulu. Karena kamu tidak dapat memasuki taman ini tanpa reservasi dimuka. Tahun 2018 kawasan Wisteria berlangsung 21 april hingga 6 mei 2018. Jadi bagi kamu yang mau mengunjungi kawasan ini bisa mulai merencanakan ditahun 2019. Tiket bisa kamu beli online via Japanican (websitenya ada bahasa inggrisnya). 



Pembelian tiket 2019 akan dimulai kembali di awal pertengahan April 2019. Alternative lain untuk membeli tiket yaitu melalui mesin tiket yang ada di 7-eleven dan family mart namun yang perlu diperhatikan mesin tersebut sulit digunakan untuk pengguna berbahasa inggris karena semuanya berbahasa jepang. Saya waktu itu meminta tolong pihak hostel untuk menuliskan disecarik kertas bahwa saya ingin membeli tiket jadi pada saat di family mart saya hanya perlu menunjukkan kertas tersebut. Harga tiket beragam terutama saat high season harganya melonjak antara 500 hingga 1.000 yen.




Untuk Harga tiket JR dari Hakata station ke Yahata Station seharga 1.110 Yen sekali jalan.

Cara menuju ke sini: dari Hakata Station naik JR dengan Tujuan Yahata Station (perjalanan dari Hakata ke Yahata kurang lebih 1 jam) setelah tiba di Yahata station kamu bisa naik taxi ke kawasan wisteria atau naik shuttle bus free yang disediakan pihak wisteria yang berada di pintu keluar Yahata station.


Catatan : untuk jadwal shuttle bus per 1 jam sekali.

2. Fukuoka Castle dan Taman Ohori
Fukuoka Castle
Berbeda dengan Osaka Castle yang mana kita bisa menaiki castle dan berkeliling didalamnya namun sedikit berbeda dengan fukuoka castle saat ini hanya beberapa menara tersisa. Padahal dahulunya castle ini merupakan castle terbesar di Kyushu namun pada masa restorasi Meiji, castle ini diruntuhkan karena dianggap sebagai simbol dari Feodalisme. Lokasi Castle ini berdekatan dengan Ohori park, jadi kamu bisa mengunjungi 2 tempat ini secara bersamaan. 




Taman Ohori
Taman ini merupakan taman kota dengan kolam besar yang ada dipusatnya dan dikelilingi dengan jalan setapak disekitar kolam dan taman ini dijadikan lokasi favorite untuk joging atau sekedar berjalan santai dengan teman, keluarga bahkan hewan peliharaan. Selain itu terdapat jembatan batu yang terhubung dengan kolam yang ada ditengah taman ini. 







Cara menuju kesini: turun di Ohori Koen Subway Station dan berjalan kurang lebih 10 menit


3. Daizafu Tenmangu Shrine (Daizafu Temple)
Diantara ratusan kuil Tenmangu yang ada di seluruh Jepang. Kuil Daizafu ini adalah yang paling penting disamping Kitano Tenmangu yang ada di Kyoto. Karena kuil ini didedikasikan untuk semangat sugawara michizane, seorang sarjana dan politisi yang hidup dizaman periode Heian karena semangat dan pembelajarannya yang luar biasa dia dianggap atau dikaitkan dengan Tenjin (Dewa Pendidikan Shinto).maka tidak heran pada masa ujian masuk banyak siswa datang ke kuil ini untuk membeli jimat keberuntungan supaya dapat lulus ujian. Didalam kuil ini terdapat kolam yang indah beserta dengan museum didalamnya.





Cara menuju kesini: dari bandara kamu bisa langsung naik bus dengan tujuan Daizafu. Atau kamu bisa naik bus dari terminal bus hakata dengan biaya 600 yen


4. Canal City Hakata 

Merupakan komplek perbelanjaan dan hiburan terbesar berlantai 5 dengan terdapat kanal didalamnya dan sering disebut kota didalam kota. 






Cara menuju kesini: dari Hakata station naik bus di bus stop A dan turun di Canal City Hakata Mae Bus stop atau kamu bisa turun di Nakasu kawabata subway station exit 5 kemudian belok kiri jalan kurang lebih 3 menit

5. Marinoa City fukuoka
Merupakan Outlet Mall terbesar di Kyushu. Selain terdapat banyak outlet toko didalamnya juga terdapat bianglala besar (roda ferris) bernama "Sky Wheel" dimana kamu bisa melihat pemandangan indah dari atas bianglala ini. Karena lokasinya berdekatan dengan dermaga, kamu juga bisa menikmati suasana laut dari marinoa city.







Cara menuju kesini: turun di Meinohama subway station kemudian naik Showa bus menuju Marinoa City


6. Uminonakamichi Seaside Park
Uminonakamichi merupakan taman dan ruang terbuka publik yang luas dan diarea ini kamu bisa menikmati taman bunga dengan berkeliling menggunakan sepeda, berpiknik, menyusuri pantai hingga mengunjungi marine world dengan tiket masuk seharga 2300 yen. Jika kamu berpergian bersama anak-anak, kamu bisa mengajak mereka mengunjungi Marine world ini untuk melihat hewan-hewan laut di akuarium besar.







Cara menuju kesini: dari Hakata station naik JR ke Kashii station lalu turun di kashii station dan ganti line ke Uminonakamichi station

Saya akan melanjutkan perjalanan saya di Nagasaki serta beberapa rekomendasi tempat makan di fukuoka di part 2 di link ini.


Semoga pembahasan kali ini bermanfaat buat kamu yang ingin mengunjungi fukuoka dan Nagasaki. Sampai ketemu di postingan saya lainnya. 😁


Comments

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen