Operasi Plastik Di Indonesia Sebagus di Korea gak yah?

Operasi Plastik Di Indonesia Sebagus di Korea gak yah?

Menjadi cantik dan menarik adalah impian semua wanita. Banyak cara dilakukan wanita untuk mendapat penampilan yang cantik dan menarik mulai dari sulam alis, tanam bulu mata, perawatan wajah lewat facial, tanam benang, filler hingga operasi wajah. Cara paling cepat mungkin salah satunya yang bisa dilakukan yaitu melalui prosedur operasi namun karena harga yang cukup mahal. Jadi ada yang mengambil alternative lain yaitu dengan tanam benang maupun filter. Namun prosedur tersebut tidak se-signifikan Oplas dan seawet Oplas. Karena sulam atau tanam benang hanya bertahan beberapa waktu saja. Namun yang harus dilakukan kamu perhatikan yaitu berhati-hati dalam memilih klinik dan dokter kecantikan jangan sampai ke dokter abal-abal alias tidak bersertifikasi namun membuka praktek kecantikan karena prosedur oplas cukup beresiko tinggi. Berbagai alasan pun diutarakan wanita yang pada akhirnya memutuskan untuk menjalani operasi mulai dari untuk menambah rasa percaya diri, supaya tidak di bully, biar kelihatan menarik di kalangan sosialnya dan sebagainya. Apapun alasannya kembali kepada pribadi masing-masing orang. 

Pertama kali saya melihat orang yang melakukan proses Oplas yaitu ketika saya magang di korea selatan karena di guest house dimana saya magang terdapat beberapa turis asal china yang melakukan prosedur oplas mulai dari hidung hingga rahang. Di Korea hal ini merupakan hal yang wajar karena prosedur oplas sangat terkenal disana bahkan dijadikan sebagai objek wisata. Di liat dari segi biaya tidak bisa dikatakan murah namun dari segi kualitas dan pelayanan oplas di korea memang terbaik. Untuk referensi kamu bisa lihat di youtube orang-orang yang telah menjalankan prosedur oplas di Korea Selatan. Bagaimana dengan kualitas Oplas di Indonesia jika dibandingkan dengan Korea yang memang sudah lebih terkenal? 

Dipostingan kali ini saya membahas mengenai Oplas di Indonesia apakah sebagus di Korea? Saya akan membahas mengenai prosedur operasi plastik di Indonesia berdasarkan pengalaman pribadi teman saya yang mana oplas dilakukan oleh teman saya di the clinic daerah Cipete dengan pengerjaannya dilakukan oleh dr. Danu Mahandaru, SpBP-RE
(catatan : saya telah memperoleh ijin yang bersangkutan untuk mempublikasinya). 




Teman saya memang telah memiliki keinginan operasi hidung sudah cukup lama dan setelah mempertimbangkan cukup lama, menabung dan menyiapkan mental dan tekad akhirnya pada tahun 2018 ini niat tersebut terpenuhi.

Saya akan membahas tahapan prosedur yang telah dilakukan oleh teman saya :

1. Tahapan Konsultasi
Membuat janji via telpon untuk konsultasi
Biaya konsultasi sendiri dikenakan sebesar 350 ribu rupiah per kunjungan. Untuk reservasi bisa menghubungi nomor hp berikut : 0812-1200-000 atau kamu bisa cek di IG mereka dibawah ini.




Dokter biasanya akan menanyakan bagaian mana yang ingin dirubah, Pada saat dokter melihat teman saya menurut pendapatnya yang harus dioperasi justru bagian dagu karena akan merubah profile lebih baik. Namun karena teman saya secara pribadi tidak mempermasalahkan bagian dagu nya dan memilih hanya untuk mengoperasi bagian hidung saja. Di tahap ini kamu bisa berkonsultasi bagian mana yang kamu mau ubah atau menanyakan pendapat dokter mengenai bagain wajah mana yang sebaiknya dirubah dari segi profile. Di tahap ini jangan malu bertanya justru harus banyak bertanya dan menyatakan pendapatmu juga. Setelah kamu tahu dan setuju bagian wajah mana yang akan di operasi. Langkah berikutnya pastinya masalah biaya operasi serta jadwal operasi akan dibahas saat tahapan konsultasi ini.

2. Tahapan Operasi

Akhirnya D-Day operasi tiba, saat tiba di the clinic. Teman saya langsung masuk untuk tahap konsultasi akhir. Setelah berkonsultasi akhirnya diputuskan teman saya akan memakai implan tipe L. Selanjutnya pihak klinik mengantarkan teman saya ke bagian administrasi untuk pembayaran biaya operasi. Teman saya dikenakan biaya sebesar 25 juta untuk proses operasi peninggian batang hidung saja. Tidak termasuk potong cuping dan nose tip (ujung hidung) yah. Untuk potong cuping dikenakan lagi biaya masing-masing sebesar 12 juta berarti jika kamu ingin melakukan operasi hidung secara keseluruhan biaya yang perlu dikeluarkan sebesar 48 juta. Terakhir kali teman saya pernah mencoba menghubungi rumah sakit di thailand untuk biaya operasi hidung seluruhnya termasuk peninggian batang hidung, nosetip dan potong cuping, Biaya yang harus dikeluarkan sebesar 42 juta rupiah diluar biaya hotel dan pesawat.



Setelah menunggu 20 menit akhirnya teman saya dipanggil masuk ke ruang operasi untuk dilakukan prosedur oplas. Setelah menunggu sekitar 40 menit saya dipanggil masuk untuk melihat hasil oplas sebelum akan dijahit. Setelah selesai melihat dan pasien sudah puas dengan tinggi dan kesesuaiannya maka akan dijahit. Pada proses ini saya tidak diperkenankan mengambil gambar.


Sebelum oplas peninggian batang hidung


Setelah oplas peninggian batang hidung

Gambar diatas setelah teman saya selesai dilakukan oplas peninggian batang hidung namun belum selesai di jahit. Masih dalam keadaan bengkak. Untuk hasil setelah operasi beberapa bulan (pasca keadaan bengkak dan recovery selesai akan saya update bulan depan yah di postingan ini).

3. Tahapan kontrol pasca operasi
Pada tahap ini biasanya perban akan dibuka dan dokter akan memeriksa kondisi wajah pasca operasi. Umumnya kontrol akan dilakukan 7 hari setelah operasi. Menurut dokter hasil operasi akan kelihatan natural setelah beberapa bulan pasca operasi kurang lebih 3 bulan.

Untuk masa-masa 7 hari setelah operasi, wajah bekas dioperasi tidak boleh terkena air dan pihak klinik memberikan obat pain killer serta antibiotik yang harus diminum selama 5 hari. Serta salep yang digunakan untuk membersihkan area lubang hidung. Pada masa 2-4 hari setelah operasi, wajah akan lebih membengkak dibandingkan hari pertama operasi dan hal ini normal. Setelah 5 hari bengkak akan perlahan-lahan mereda.

Apakah oplas di Indonesia sudah sebagus di korea selatan atau negara lain seperti Thailand. Jawabannya saya kembalikan kepada kamu yang sudah mencoba oplas di Indonesia apakah Indonesia dalam operasi plastik sudah sebaik negara-negara tersebut. 

Catatan tambahan : teman saya 2 kali revisi karena implannya miring. Dokternya cukup bertanggung jawab. Menurut dokter implan bisa miring karena posisi tidur pasien atau kebiasan memegang hidung. Karena pada tahapan awal hidung yang dioplas belum firm jadi sangat rentan jika dipegang dengan kuat. Namun cukup melelahkan buat teman saya harus bolak balik ke klinik.

Secara pribadi menurut saya oplas adalah keputusan yang besar. Lebih baik pertimbangkan dan pikirkan secara matang. Yang paling penting adalah kepercayaan diri yang didalam (tanpa men-judge siapapun). Apabila tetap perlu dilakukan pilih Dokter yang berkualitas dan bersertifikat. Dan hati-hati dengan dokter abal-abal yang ramai akhir-akhir yang lalu. 

Catatan : Semua yang ditulis disini berdasarkan pengalaman teman dari penulis. Untuk hasil dari operasi juga berdasarkan dari hasil oplas yang telah dijalani teman penulis. Murni ditulis berdasarkan apa yang dilihat dan telah dijalani oleh teman penulis. Dan penulis tidak menjamin kualitas dari hasil oplas karena hasil oplas yang didapat dan dituliskan disini murni berdasarkan pengalaman teman dari penulis.

Sekian postingan kali ini. Sampai ketemu dipostingan saya lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen