Free things to do in Busan

Free things to do in Busan Part 2

Melanjutkan Postingan saya yang lalu di part1 mengenai hal-hal gratis yang bisa kita lakukan di Busan, korea selatan. Pada bahasan no.5 yang lalu saya mengulas mengenai membaca buku gratis di perpustakaan atau toko buku.

Mari kita lanjutkan ke hal no. 6 berikutnya yaitu

6. Mengunjungi Museum
Jika dibeberapa negara untuk mengunjungi Museum kita akan dipungut biaya untuk entrance fee namun di Busan mayoritas Museum free entrance fee seperti Busan Museum, Busan Museum of Art, UN memorial hall, Busan fishing Village folk Museum, National Maritime museum, Goeun Museum of photography kecuali Busan Trick Eye Museum

Saya sendiri berkesempatan mengunjungi 3 museum selama berada di Busan yaitu

1. Busan Museum
Museum ini memiliki 7 ruang pameran regular yang tersebar di tiga lantai museum ini. Dan museum ini mengambil peran dalam melestarikan budaya tradisional di Busan.

Akses ke tempat ini :  Daeyeon station (subway line 2) exit no.3 disisi sebelah kanan ada Busan bank dari bank tersebut belok kiri dan jalan lurus kurang lebih 10 menit.

2. Busan Museum of Art

Museum ini menawarkan ruang pameran yang menampilkan beragam seni berkualitas dari berbagai genre

Akses ke tempat ini : Busan museum of art station/BEXCO (subway line 2) exit no.5 dan jalan lurus kurang lebih 100 m

3. Busan Fishing Village folk Museum

Museum ini menampilkan artefak dan budaya yang berkaitan dengan tradisi, sejarah dan cerita rakyat tentang perkembangan perikanan yang ada di Busan.

Akses ke tempat ini :  Hwamyeong station (subway line 2) exit 1, jalan lurus kemudian belokan pertama belok ke kanan dan jalan lurus kurang lebih 470 m lalu menyebrang jalan ke sisi kiri dan jalan lurus kurang lebih 40 m

Dari ke 3 Museum yang saya datangi, saya paling suka Busan Museum karena selain dapat mencoba hanbok dan tea ceremony. Museum ini salah satu museum terbesar yang pernah saya datangi selama di Korea dan di dekat museum ini kamu juga bisa mendatangi UN Memorial Cemetery dan Busan Cultur Center . Kedua tempat ini berdekatan dengan Busan Museum

UN memorial cemetery

Jadi jika kamu berkesempatan mengunjungi Busan datangilah Museum-museum ini.

Busan merupakan kota pelabuhan terbesar di Korea Selatan yang dikenal akan pantai, Pegunungan serta Kuilnya. Sehingga tidak mengherankan banyak wisata yang berkaitan dengan Pantai, Gunung serta Kuil yang wajib kamu datangi di kota ini dan wisata pantai, gunung serta kuil/Temple free entrance fee alias gratis.

7. Mengunjungi Pantai dan Skywalk serta Light House.

Berikut ini adalah Pantai, Skywalk serta Light house yang saya kunjungi selama berada di Busan

1. Songdo Beach, Skywalk dan Light house
Songdo merupakan salah satu tempat favorite saya di Busan karena ditempat ini kamu dapat melihat 3 objek wisata dalam satu lokasi yaitu pantai, skywalk dan light house.

Akses ke tempat ini : Jagalchi station (subway line 1) exit no.2 keluar dari exit no.2 tidak jauh dari exit kurang lebih 5-10 meter kamu akan menemukan jalan raya lalu menyebrang setelah sampai disebrang kembali menyebrang disisi kananmu kamu akan menemukan chungmudonggyocharo bus stop naik bus no.7, 26,71 atau 96 dan turun di songdo beach bus stop

2. Cheongsapo Skywalk and Light house
Salah satu skywalk yang ada di Busan dan di daerah cheongsapo ini selain skywalk juga terdapat light house yang berada di satu lokasi yang sama namun berlawanan arah. Jadi dari tempat pemberhentian bus, light house ada disisi kirimu (dekat dari pemberhentian bus) namun skywalk berada disisi kananmu. kamu harus berjalan berlawanan arah dari light house jika ingin menuju skywalk dan sebaliknya.

Akses ke tempat ini : Jangsan station (subway line 2) exit no. 7 dan naik bus no. 2 dan turun di pemberhentian terakhir di Cheongsapo bus stop

3. Oryukdo Skywalk dan Light house

Pembangunan Skywalk di Oryukdo selesai pada tanggal 12 september 2012 dan beroperasi tanggal 18 oktober 2013 dengan tema "berjalan diatas langit" dan dianggap sebagai pemisah antara laut timur dan selatan.

Akses ke tempat ini : Kyungsung/Pukyong National University (subway line 2) exit 5 dan naik bus no.27 dan turun di Oryukdo SK view bus stop

4. Light house di Dongbaek island

Dongbaek island memiliki beberapa atraksi seperti light house, patung putri duyung, serta Rumah APEC Nurimaru.

Dari Dongbaek island ini kita juga dapat melihat pemandangan jembatan gwangangdaegyo dan lebih terlihat cantik dimalam hari. Di dekat Dongbaek terdapat the bay 101 dimalam hari kamu akan disajikan pemandangan seperti di Hongkong namun ala Busan.

Pemandangan dari The Bay 1
Akses ke tempat ini : Dongbaek station (subway line 2) exit 1 jalan lurus kurang lebih 800 meter ke arah westin chosun hotel

5. Gwangalli Beach
Sama halnya seperti Haeundae beach yang areanya dikelilingi restauran serta cafe. Diarea Gwangalli beach juga memiliki banyak tempat makan dan cafe. Namun kebanyakan orang datang ke pantai inu untuk melihat pemandangan lampu yang menyala terang dari jembatan gwangandaegyo dimalam hari.

Dimalam hari khususnya weekend sering ada penampilan musik atau tari jalanan baik di gwangalli atau haeundae beach

Akses ke tempat ini : Geumryeon station (subway line 2) exit 1 kemudian U turn dan pada jalan pertama ke arah pantai

Daedapo Beach
Daedapo mungkin tidak seterkenal haeundae atau gwangalli beach. Pasir dipantai Dadaepo ini terbuat dari pasir yang diendapkan oleh sungai Nakdonggang dan pantai ini memiliki lapangan pasir yang luas dan cocok untuk dinikmati anak-anak.

Akses ke tempat ini : Daedapo beach (subway orange line 1) jika kamu.lihat di peta subway line 1 tidak ada karena di peta station terakhir adalah Sinpyeong station namun setelah station ini ada station lainnya termasuk station daedapo beach.

7. Taejongdae Light House

Akses ke tempat ini : Nampodong line 1 keluarlah dari exit 6 dari halte bus, kemudian naik bus no.8,30,66 dan 88 dan turun di bus stop Taejongdae Chagoji setelah turun tinggal berjalan lurus searah bus kita turun kurang lebih 100-200 m dan kamu sudah memasuki pintu masuk Taejongdae. Jika kamu stop di pemberhentian bus akhir Taejongdae kamu tinggal menyebrang saja

8. Haeundae Beach

Akses ke tempat ini : Haeundae station line 2 keluar dari exit 5 berjalan lurus sekitar 500 m

Untuk nomor 7 dan 8 saya tidak akan membahasnya karena saya sudah pernah memposting ulasan mengenai kedua tempat ini di travelling saya ke Busan yang lalu di link ini

Samwangsa temple
8. Mengunjungi Temple
Jika di Seoul kita dapat menyaksikan keunikan tradisional korea lewat bangunan palace-palace maka Di Busan kita bisa melihat tradisional korea lewat bangunan kuil/temple. Dan untuk mengunjungi temple-temple yang cantik ini kamu tidak perlu membayar entrance fee

Berikut ini temple-temple yang pernah saya kunjungi di Busan yaitu
1. Beomeonsa Temple
Kuil ini terletak di sebelah timur gunung Geumjeongsan dan kuil ini dibangun pada masa kerajaan Silla oleh biksu Ui Sang tahun 678

Akses ke tempat ini : Beomeonsa station (subway line 1) exit 5 atau 7, jalan ke arah main road yang berada diantara kedua exit ini kurang lebih 5 menit dan kamu akan tiba di samsin bus stop yang berada di dekat supermarket (mart seperti hypermart) naik bus no.90 dan turun di beomeonsa ticket office bus stop.

2. Seokbulsa temple
Seokbulsa memiliki arti kuil batu budha. Rasanya nama tersebut pas dengan kuil ini karena di kuil ini kamu akan dapat melihat ukiran patung budha di dinding batu.

Akses ke tempat ini : saya menggunakan cable car untuk naik ke Geumjeongsan baru kemudian hiking ke Seolbuksa temple. Dari Oncheonjang station (subway line 1) exit no. 1 jalan kurang lebih 10 menit menuju ke  cable car.

3. Samwangsa Temple
So far ini temple terbesar di korea selatan yang pernah saya datangi bahkan yakcheonsa temple yang ada di Jeju masih kalah besar dibandingkan dengan temple ini. Saya suka temple ini selain besar, akses ke tempat ini mudah. Buat kamu yang tidak suka hiking tempat ini sangat mudah dijangkau tanpa perlu hiking atau berjalan jauh.

Akses ke tempat ini : Seomyeon station (subway line 1)  jalan ke arah bus stop yang berada disebrang/opposite lotte dept store lalu naik bus no.15

4. Haedong Yonggungsa

Akses ke tempat ini : Haeundae station line 2 keluar dari exit 7 berjalan lurus sampai menemukan halte bus kemudian naik bus no.181 dan turun di Yonggungsa Temple Bus Stop (disebrang jalan dihalte kita berhenti kamu akan melihat Lotte mall) tidak perlu menyebrang kearah mall. berjalan lurus saja searah bus kita turun  jalan sekitar 10-15 menit lalu kamu akan melihat petujuk Yonggungsa lalu belok kanan dan berjalan lurus saja sekitar 5-10 menit kamu akan menemukan banyak penjual aksesoris serta makanan ringan sejenis pasar kecil masuk kedalam pasar tesebut karena pintu masuk temple didalam pasar tersebut. Tiket masuknya free ditemple ini.

Untuk nomor 4 saya tidak akan membahasnya karena saya sudah pernah memposting ulasan mengenai kedua tempat ini di travelling saya ke Busan yang lalu di link ini

9.Hiking di gunung
Jika kamu menyukai kegiatan hiking, tidak ada salahnya kamu mencoba mengunjungi gunung-gunung yang ada di Busan ini karena kamu akan disajikan pemandangan kota Busan.

Berikut ini gunung-gunung yang saya kunjungi selama di Busan

1. Geumnyeonsan Mountain
Jika kamu berencana mengunjungi Beomeonsa temple kamu bisa sekaligus hiking ke gunung ini karena akses hiking berada dekat dari Beomeonsa temple. Akses ketempat ini sama seperti Beomeonsa temple.

2. Jangsan Mountain
Salah satu favorite saya karena lokasinya yang dekat dengan tempat magang saya serta saya dapat menyaksikan pemandangan kota Busan dari atas gunung ini serta didalam gunung ini terdapat kuil yang bisa kamu datangi.

Akses ke tempat ini : Jangsan station (subway line 2) exit no.10 jalan lurus ke arah gunung.

3. Yongdusan Park
Gunung ini terletak di pusat kota Busan dan merupakan salah satu dari tiga gunung terkenal di Busan. Dahulunya dikenal dengan nama "Songhyeonsan" yang berarti gunung dengan pemandangan laut dengan hutan pinus namun diubah menjadi Yongdusan karena puncak gunung ini yang menyerupai bentuk kepala naga. Di area gunung ini terdapat Busan Tower namun untuk masuk ke Busan tower kamu perlu membayar entrance fee namun jika kamu masuk ke wilayah Yongdusan park kamu tidak perlu membayar entrance fee.

Akses ke tempat ini : Nampodong station (subway line 1) exit no. 7 setelah keluar dari exit no.7 belok ke kiri dan jalan lurus kurang lebih 160 m dan kamu akan melihat etude house disisi kirimu dan tepat disebrang etude house kamu akan melihat escalator untuk menuju ke Yongdusan park disisi kananmu

10. Mencoba alat olahraga ditaman
Hampir semua taman yang ada di Busan memiliki area sport jadi kamu bisa menggunakan fasilitas alat-alat olahraga gratis yang tersedia ditaman.

Tambahan
Masih ada beberapa tempat di Busan yang ingin saya datangi namun karena keterbatasan waktu so far tempat-tempat yang telah saya bahas di part 1 dan 2 ini yang sudah saya pernah kunjungi.

Jika kamu berkesempatan untuk stay lebih lama kamu bisa menandatangi
1. Youngdo Sky Observatory

2. Huinnyeoul Culture Village

Akhirnya bulan juni 2018 ini saya berkesempatan mengunjungi Huinnyeoul Culture Village. Berikut ini foto-foto dan video yang saya ambil ketika berkunjung ke tempat ini.

Cara akses ketempat ini: naik subway turun di Nampo Station keluar dari exit 6. Lalu naik bus no.7, 70, 71 atau 508 turun di Yongseon Apartemen. Kurang lebih jalan lurus 5 menit searah bus turun. Pintu masuk village ada di sisi kananmu.

Dipostingan saya sebelumnya saya pernah membahas perjalanan saya ke Seoul, serta Jeju. Saya juga pernah membahas tentang Gamcheon Village (kota warna warni yang ada di Busan)

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca blog saya. Sampai ketemu dipostingan lainnya 😁.

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa