Free things to do in Busan

Free things to do in Busan Part 1


Dipostingan saya kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tinggal di Busan selama 1 bulan. Ini merupakan pengalaman pertama saya pergi kenegara orang untuk waktu yang cukup lama yaitu hampir 2 bulan diantaranya Busan, Taipei dan Sapporo. Di postingan ini saya akan membahas mengenai Busan. 

Busan merupakan kota kedua di Korea Selatan setelah Seoul. Dan banyak hal menarik saya temukan di Busan selama saya menetap selama 1 bulan dikota ini. Terutama hal-hal yang kamu bisa lakukan di Busan secara gratis alias free tanpa bayar sepeserpun. Hal ini membuat saya makin jatuh cinta dengan kota ini. Busan merupakan kota pelabuhan yang dikelilingi laut dan gunung. Jadi rasanya pas bagi kamu yang menyukai gunung serta laut untuk mengunjungi kota ini karena kamu bisa mendapatkan 2 view dikota ini baik pantai/laut maupun gunung. Bosan di Seoul kamu bisa mencoba mampir ke kota Busan ini.

Mendengar kata free atau gratisan merupakan hal yang menyenangkan terutama bagi solo traveler seperti saya.

Berikut ini hal-hal yang kamu bisa lakukan secara gratis alias free di Busan antara lain:

1. Mencoba hanbok 
Di Busan terdapat 2 tempat dimana kamu bisa mencoba hanbok secara gratis yaitu BEXCO dan Busan Museum.
Jika kamu ingin mencoba hanbok kerajaan seperti ratu atau raja kamu bisa mencobanya di Busan Museum namun jika kamu hanya ingin mencoba tipe hanbok untuk bangsawan kamu bisa mencobanya di BEXCO. So far saya mencoba di dua tempat ini. 
Hanbok experience in Busan Museum


Hanbok Experience in BEXCO

Jika di BEXCO per kunjungan dibatasi 5 orang dalam 1 grup dan semua orang yang ada didalam grup boleh mencoba hanbok dan setiap grup akan diberi waktu selama 30 menit. 

Sementara di Busan museum dalam 1 grup hanya dibatasi 2 orang untuk mencoba hanbok. Jika didalam 1 grup ada 10 orang maka yang diijinkan mencoba hanbok hanya 2 orang saja. Saran saya datanglah pada hari biasa atau weekday dan di pagi hari karena cenderung lebih sepi. 


Jika kamu ingin mencoba hanbok kerajaan datanglah ke Busan museum. Triknya datang berdua-dua tiap rombongan biar kamu dapat kesempatan mencoba hanbok karena mereka membatasi 2 orang saja yang boleh mencoba. 


Mencoba hanbok di BEXCO maupun Busan Museum keduanya free alias gratis, kamu hanya perlu mengisi buku tamu saja. Untuk di Busan museum perhatikan jadwal layanan hanbok. 


Hal yang perlu diperhatikan Busan Museum tutup di hari Senin

How to get BEXCO :
Centum city subway station line 2 exit 1 walk around 2-5 min (go straight and turn right)
Hanbok experience operating hours is 10:00 -17:00

How to get Busan Museum : 
Daeyeon subway line 2, exit no.3 make u turn, kamu akan melihat busan bank di sebelah kirimu lalu belok kanan dan jalan lurus kurang lebih 10-15 menit


Jadwal hanbok experience di Busan Museum

2. Naik sepeda
Jika kamu menyukai cycling kamu bisa mencoba aktifitas ini di Busan, kamu bisa mengelilingi pantai dengan menggunakan sepeda sewaan secara gratis. Benarkah ini gratis yang namanya menyewa sepeda pasti bayar? Ini yang ada dibenak saya. Namun teman-teman saya yang saya kenal dari magang di busan mengatakan ini free. Akhirnya saya memutuskan untuk cycling bareng mereka. Dan ternyata memang free untuk 1 jam kamu hanya perlu menyerahkan paspor kamu dan akan dikembalikan pada saat kamu mengembalikan sepedanya.





Where the place to rent the bicycle for free:
Centum city subway line 2. near Centum Marina park, tempat penyewaannya dekat taman ini berjalan lurus saja kearah jembatan. Rental sepeda ini tepat berada di bawah jembatan. 

3. Tea ceremony
Ini pertama kalinya saya mencoba tea ceremony. Sebelumnya saya berencana mencoba tea ceremony di Kyoto, Jepang namun karena full booked akhirnya saya batal mencobanya. Dan di Busan saya mendapat kesempatan mencoba tea ceremony secara gratis. Di kyoto kamu perlu membayar cukup mahal untuk kegiatan ini. 




Jika kamu mengunjungi Busan tidak ada salahnya mencoba tea ceremony gratis di Busan museum. Kamu akan diajarkan cara menyeduh teh dan cara minum teh.

Lokasinya sama seperti hanbok experience namun jika hanbok jadwal pilihannya lebih banyak daripada tea ceremony. Jadi jika kamu ingin mencoba hanbok sekaligus tea ceremony perhatikan jadwalnya. Karena proses tea ceremony memakan waktu kurang lebih 30 menit dan jadwal tea ceremony terbatas. 

Pengalaman saya waktu mengunjungi Busan museum untuk mencoba hanbok dan tea ceremony secara bersamaan tidak tercapai karena pada saat saya tiba sekitar pukul 10 pagi, kami tidak langsung mendaftar untuk tea ceremony jadwal pukul 10.30 dan malah mendaftar untuk hanbok experience. Akhirnya kami harus menunggu jadwal tea ceremony berikutnya pada pukul 13.30 jadi saran saya daftar dahulu tea ceremony baru kemudian hanbok experience. Karena jadwal tea ceremony terbatas yaitu 10.30, 13.30 jadi perhatikan jadwalnya yah 😁

4. Foot spa
Foot spa tersedia dibeberapa tempat salah satunya haeundae beach. Saya berkesempatan mencoba footspa. Foot spa ini merupakan tempat kamu bisa merileksasi kakimu di kolam air panas. Namun mayoritas yang mengunjungi tempat ini adalah orang tua namun apa salahnya mencoba hal baru dan gratis pula. Saya pun 2 kali mencoba footspa ini.







Salah satu lokasi footspa yang saya datangi adalah near haeundae beach. From haeundae station subway line 2 exit 5 or 7. Jalan sekitar 500 meter untuk sampai ke pantai. Namun sebelum lampu merah menyebrang ke pantai belok ke kiri (gang/jalan yang disekelilingnya restaurant) berjalan kurang lebih 5 menit

5. Membaca buku diperpustakaan atau toko buku
Kamu dapat membaca buku dikedua tempat ini secara gratis. Namun jika kamu ingin meminjam buku di perpustakaan kamu perlu memiliki kartu identitas citizen namun jika kamu hanya ingin membaca saja kamu tidak perlu kartu id. Diperpustakaan juga disediakan ruang study. Namun mayoritas buku yang tersedia diperpustakaan berbahasa korea. Mereka menyediakan buku dalam bahasa inggris namun mayoritas untuk anak-anak. Jika kamu ingin membaca buku bahasa inggris saran saya kamu datangi toko buku karena lebih variatif dan disini juga disediakan ruang duduk untuk membaca dijamin bikin betah. Jadi silahkan mencoba pengalaman seperti citizen dan  gratis pula.









Toko buku yang saya datangi salah satunya ada di dalam mall shinsegae centum city subway line 2. Dan untuk library kamu bisa mengunjungi haeundae library, library ini tutup dihari senin bagaimana cara ke haeundae library yaitu dari jangsan station subway line 2 exit 12 berjalan sekitar 15 menit


Free things to do lainnya yaitu nomor 6 (enam) dan seterusnya akan saya bahas di part 2

Beberapa tempat belanja (shopping) di Busan:
1. Soemyeon Underground Shopping Center
Diarea ini kamu bisa mencari barang fashion hingga kosmetik dengan harga murah. Akses ke tempat ini berada di underground  Soemyeon station.

Saya menemukan pedagang yang menjual Bungopang (kue ikan yang isinya kacang merah) harganya 1000 won 2 buah. Tergantung penjualnya karena saya membeli Bungopang didekat kyungsang university 1000 won 3 buah. Ini salah satu favorite cemilan saya dan menurut saya rasanya lebih enak dari kue ikan serupa yang dijual di Jepang.



2. Nampodong market dan Nampodong Underground shopping
Sama halnya dengan Seomyeon. Area Nampodong juga berada di underground nampodong station. Selain di area underground kamu bisa berbelanja kosmetik dan barang fashion di area nampodong street. Dari nampodong station exit no.7 kamu akan melihat pertokoan disepanjang jalan nampo ini. Di bulan desember akan ada christmas tree festival di area ini.







3. Area kampus/univeristy.
Seperti hongdae university yang ada di Seoul dimana lokasi ini kita bisa berburu makanan, pakaian serta kosmetik murah. Di Busan kamu bisa berburu makanan, pakaian juga kosmetik dengan harga terjangkau di area kampus seperti Kyungsung/Pukyong National University, Busan University dan Pusan Univeristy. Cara ke tempat perbelanjaan di beberapa kampus yang ada di Busan adalah turun di station masing-masing kampus ini. Salah satu yang saya datangi adalah Kyungsung/Pukyong National University station

4. Shinsegae Centum City
Mal ini pernah terdaftar di Guinness World Record sebagai komplek perbelanjaan terbesar di dunia. Selain area perbelanjaan dan makanan, kamu juga bisa menikmati berbagai pilihan liburan di mal ini seperti cinema, Ice skating hingga SPA.


SPA Land di Shinsege sangat terkenal jika kamu ingin mencoba pengalaman spa ala korea/jimjilbang kamu bisa coba di Shinsege ini sebesar 15.000 won. (Catatan: untuk menikmati beberapa fasilitas/tempat didalam spa wajib untuk naked)
Aksea ke tempat ini : turun di Centum City (subway line 2)



5. Gukje Market dan BIFF Square
Gukje dalam bahasa korea memiliki arti "Internasional" dipasar ini kamu bisa mencari makanan laut "seafood", jajanan makanan korea sampai barang kebutuhan sehari-hari. Pasar Gukje ini salah satu pasar terbesar di Korea selatan dan disetiap gang nya terhubung dengan pasar lain seperti pasar Bupyeong, Kkangtong, dan lainnya.



Di BIFF Square kamu juga bisa menemukan banyak jajanan korea. Salah satu yang terkenal adalah Hottoek harganya 1200 won.






Akses ketempat ini : Jalgachi station (subway line 1) exit no.7


Tambahan
Bagi kamu yang ingin ke Busan dari seoul atau sebaliknya ataupun ke daerah lain di Korea Selatan kamu bisa menggunakan beberapa moda transportasi seperti Bus, kereta api/KTX dan pesawat terbang.
1. Bus
Kamu bisa cek jadwal dan biaya di link ini jika budget kamu terbatas kamu bisa memilih perjalanan bus di malam hari sehingga bisa menghemat biaya hotel/akomodasi.

2. Kereta Api/KTX
Korea Selatan memiliki kereta cepat seperti Shinkansen di Jepang namanya KTX namun jika kamu memiliki budget terbatas kamu bisa naik jenis kereta biasa karena biaya Seoul-Busan menggunakan KTX sekitar 59.800 won sekali jalan dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam 30 menit sementara menggunakan kereta api jenis lain seperti "Mugungwha" sekitar 28.600 won sekali jalan dengan waktu tempuh kurang lebih 5 jam 30 menit. Sesuaikan dengan budget dan waktu kamu saja mana yang lebih sesuai untuk perjalananmu. Untuk mengecek jadwal dan harga tiket KTX atau kereta api biasa kamu bisa cek di link ini

3. Pesawat 
Kamu bisa menggunakan beberapa Budget Airlines lokal seperti JejuAir, BusanAir, JinAir

Diantara kesemua airlines lokal tersebut saya paling suka menggunakan "Busan air" karena harganya yang lebih murah, so far selama ini saya cek dia termurah apalagi jika ada promo dan sudah termasuk bagasi dan makanan. Beberapa budget airlines tidak menyediakan makanan


Salah satu menu makanan yang saya nikmati saat menggunakan Busan air dari Busan menuju Osaka.



Dipostingan saya yang lalu saya juga pernah membahas trip saya ke Seoul - jeju dan Busan serta cara apply visa ke korea selatan tanpa travel agen. Yang terakhir saya juga memposting perjalanan saya ke Gyeongju. Silahkan dibaca yah 😁

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen