Tempat Wisata Labuan Bajo Part 1

Tempat Wisata di Labuan Bajo Part 1

Perjalanan saya kali ini ke Labuan Bajo membuat keinginan saya untuk mengexplore Indonesia semakin besar. Keinginan tersebut sempat ada namun tidak sebesar setelah melihat keindahan Indonesia bagian timur. Di Indonesia sendiri saya baru mengunjungi beberapa kota seperti Bandung, Medan, Semarang, Yogyakarta, Cirebon dan Bali.


Pernah beberapa kali melihat instagram teman atau orang yang pernah berkunjung kesini. Sempat berfikir apakah keindahan tersebut hasil dari editan foto. Karena mayoritas pada saat kita mengunggah foto di social media kita akan mem'filter atau mengedit terlebih dahulu sebelum kita share. Namun setelah mengunjunginya secara langsung harus diakui bahwa memang indah sekali pemandangan alamnya. 


Bahkan beberapa foto yang saya ambil hanya menggunakan smartphone dan telah saya unggah di instagram pribadi saya dengan tidak saya edit atau menggunakan filter (catatan: saya bukan seorang fotografer pro). Apalagi yang mengabadikanya seorang fotografer makin indah hasil fotonya.



Dibulan September 2017 ini saya berkesempatan mengunjungi Labuan bajo, Flores yang memang harus diakui keindahan alamnya. Buat kamu yang tertarik ingin mengunjunginya. Jangan ragu untuk mengunjungi Indonesia bagian timur ini akan jadi kenangan yang tak terlupakan. 


Hal pertama yang banyak ditanyakan teman ketika saya kembali dari liburan ini adalah berapa biaya kesana? So far menurut saya sebanding dengan apa yang kamu dapatkan. Namun kamu tetap bisa menghemat lewat biaya hostel dan tiket pesawat. Untuk rincian biaya akan saya bahas diakhir.

Labuan Bajo

Saya tiba dilabuan bajo sekitar pukul 3.30 WITA. Perjalanan dari bali ke labuan bajo memakan waktu sekitar 1 jam. Sejauh ini ada 3 maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke labuan bajo yaitu NAM Air, Garuda Indonesia dan Wings Air. Untuk penerbangan langsung dari Jakarta ke Labuan Bajo sudah ada yaitu dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia.


Beginilah tampilan bandar udara Komodo



Perbedaan waktu antara Jakarta dan Labuan Bajo adalah 1 jam. Bagi kamu yang ingin ke sekitar kota labuan bajo dari airport kamu bisa menggunakan beberapa moda transportasi seperti :
1. Ojek dengan biaya sekitar idr 25.000-35.000 tergantung jarak. 
2. Taxi dengan biaya sebesar Idr 50.000

Dilabuan bajo sendiri kendaraan umum agak sulit dalam arti tidak ada rute pasti dan waktu ketersediaan kendaraan terutama dimalam hari. Dengan biaya ongkos beragam dari Idr 3.000-5.000 untuk rute pastinya silahkan langsung tanya ke supir angkotnya sebelum kamu naik.


Bagi kamu yang bisa mengendarai sepeda motor terdapat jasa sewa dan ini bisa dijadikan salah satu alternatif moda transportasi kamu dilabuan bajo harga sewa sehari rata-rata Idr 75.000


Dilabuan bajo hanya terdapat 3 Bank yaitu Bank Mandiri, BRI dan BNI saran saya jika kamu akan pergi ke desa atau ke pulau siapkan uang cash karena ATM hanya ada di daerah kota saja.


Ada 2 mart besar di kota labuan bajo yaitu Deny's mart dan Roxy mart. Jadi kamu tidak akan menemukan alfa atau indomaret disini



Ada beberapa tempat kuliner yang bisa kamu coba di sekitar kota Labuan Bajo 



1. Cafe in Hit 

Cafe ini ramai dikunjungi oleh wisatawan asing. Dan menu favorite disini machiato nya. Apalagi flores terkenal.akan kopinya jadi bagi kamu pengemar kopi tidak ada salahnya mencoba kopi disini. Menurut teman yang saya temui disini kopi di cafe in Hit salah satu yang terenak. 




2. Artomoro Restaurant
Salah satu Restaurant yang menyajikan masakan Indonesia. Lokasi restaurant ini persis diatas Cafe in Hit jadi selesai ngafe bisa makan siang disini. Harganya berkisar IDR 25.000 - 150.000




3. Happy Banana
Mungkin restaurant ini aatu-satunya yang menyajikan masakan Jepang. Berlokasi tepat di sebrang Bank Mandiri. Interiornya bergaya vintage. Harganya tidak bisa dibilang murah berkisar antara Idr 35.000 - 120.000. Menu favorite disini salah satunya adalah sashimi.






4.MadeinItaly
Salah satu restaurant yang menyajikan masakan italy dilabuan bajo. Restaurant ini dekat dengan Pantai Pede. Tempatnya cukup cozy, harga makanannya berkisar Idr 80.000-200.000 untuk pizza sendiri bisa dimakan ber-2 atau ber-3.





5. Wisata Kuliner Kampung Ujung
Belum lengkap rasanya ke labuan bajo kalau tidak mengunjungi wisata kuliner dikampung ujung ini lokasinya tidak jauh dari pelabuhan KP3/Tilong. Masakan yang dijual beraneka ragam dari seafood, bakso hingga gorengan. Harganya beragam mulai dari IDR 5.000 - 100.000 tergantung jenis makanan. Tempatl ini mulai beroperasi di sore hari.




6. Warung Mama
Sama seperti Artomoro, Warung Mama menyajikan masakan Indonesia dan harganya cukup ekonomis. Namun perlu diperhatikan restaurant ini tutup setiap hari selasa jadi bagi kamu yang ingin mencoba makan direstaurant ini jangan datang di hari selasa lokasinya disebrang artomoro restaurant.



7. Blue Marlin Restaurant

Saya tidak sempat mengunjungi tempat ini. Namun tempat ini direkomendasikan karena merupakan tempat dengan view sunset terbaik dilabuan bajo. Jadi bagi kamu yang ingin menikmati sunset bisa sambil mencoba makanan di restaurant ini.

Sunset di blue marlin pic by google

Pantai Pede
Pantai Pede merupakan pantai umum yang ada di Labuan Bajo. Untuk masuk ke pantai ini tidak dikenakan biaya. Jika kamu mencari alternatif wisata gratis di Labuan Bajo kamu bisa mengunjungi pantai ini. Namun sayang agak kurang terawat karena masih banyak orang yang membuang sampah botol dipantai ini. 





Saya akan melanjutkan cerita perjalanan di flores part 2


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen