Tempat Wisata Labuan Bajo Part 2

Tempat Wisata di Labuan Bajo Part 2

Melanjutkan part 1

Sebelumnya dipart 1 saya membahas mengenai beberapa tempat makan yang saya kunjungi.

Di part 2 ini saya akan lanjutkan mengenai akomodasi/tempat penginapan di Labuan Bajo

1. Sylvia Hotel
Hotel Sylvia merupakan salah satu hotel berbintang 4 dengan view beach. Di sekitar hotel sylvia ada 2 hotel besar yang berdekatan antara lain plataran dan la prima. Dari ketiga hotel tersebut secara pribadi saya menyukai hotel sylvia. Bukan hanya karena saya memang menginap di hotel ini tapi karena pantainya yang paling bersih. 










Saya sempat berjalan-jalan menyusuri pantai dari hotel sylvia ke plataran hingga la prima. Sepanjang menyusuri pantai saya temukan bahwa area pantai sylvia lebih terjaga. So far pelayanan hotel ini cukup baik. Namun ada beberapa fasilitas tidak tersedia seperti hair dryer, kettle air. Salah satu nilai tambah menginap.di hotel ini adalah kamu bisa sekalian treking ke bukit Sylvia. Seperti peribahasa sekali mendayung dua, tiga pulau terlampaui.




Kisaran harga hotel ini permalam sekitar Idr 600.000 an by Traveloka. Hotel ini juga menyediakan transportasi ke kota labuan bajo atau ke airport dengan biaya Idr 25.000

Dermaga Putih, Hotel La Prima

Saya pernah mencoba untuk masuk ke dermaga ini lewat dari pantai namun dilarang masuk oleh sekuriti pihak hotel karena menurut bapak sekuriti yang di izinkan masuk hanya untuk tamu hotel. Jadi saya hanya bisa memfotonya dari jauh saja.😭
Foto yang saya ambil dari kejauhan
Pic by google
Jadi jika kamu ingin berkunjung ke dermaga putih flores sambil menyaksikan sunset disarankan kamu menginap atau makan di hotel ini karena dermaga ini merupakan properti hotel la prima.

2. Nature Backpacker Hostel
Hostel ini terletak di jalan soekarno, dipusat kota labuan bajo. Dan hanya beberapa menit berjalan kaki menuju ke pelabuhan tilong/Kp3 ataupun ke wisata kuliner kampung ujung dan diarea sekitar hostel terdapat banyak tempat makan seperti Artomoro, Cafe in hit, Warung Mama. Menurut saya sangat strategis terutama bagi kamu yang akan trip ke laut (sailing) yang titik point pertemuannya di pelabuhan tilong/Kp3 tinggal berjalan kaki saja. 





Harga permalam di hostel ini adalah sebesar Idr 100.000 via agoda untuk bunkbed mixed room. Kamu akan share dengan orang lain dan campur baik pria maupun wanita. Namun jangan kuatir kamu tetap memiliki privasi karena ada curtain/tirai dimasing-masing tempat tidur dan juga tersedia loker dengan password yang bisa kamu ganti-ganti. Hotel ini cukup bersih kok. Di hostel ini juga menyediakan breakfast free berupa omelet, roti serta kopi dan teh. Hostel ini cocok jika kamu melakukan perjalanan solo traveling seperti saya.

3. Rumah orang Lokal
Saya mendapatkan kesempatan untuk menginap dirumah orang lokal di Desa Liang Ndara, Melo. Saya menginap dirumah Bpk Stanis. Beliau merupakan kenalan dari kakak saya. Dan dia sangat ramah menerima saya menumpang dirumahnya selama 2 hari. Kebiasaan di desa ini jika ada yang bertamu mereka akan menyajikan kopi khas flores atau teh.

Ternyata beberapa hari kedepan di desa ini akan ada acara pernikahan adik perempuan pak Stanis dan acara kebudayaan Tarian Caci (tarian khas Manggarai Barat) di Panoramic Indah Melo dan sayang sekali saya tidak berkesempatan menyaksikan ke 2 acara tersebut karena saya harus berangkat ke pulau (trip sailing selama 3 hari 2 malam)

4. Didalam Kapal
Menginap didalam kapal selama 2 malam adalah pengalaman tersendiri bagi saya. Salah satu pengalaman yang saya rasakan adalah dapat melihat bintang-bintang dimalam atau dini hari yang tidak mungkin saya temukan dikota besar. Bagi kamu yang akan berkunjung ke flores kamu wajib mencoba bermalam di laut.



Catatan tambahan
Ada 1 hostel yang sedang hits namanya "Ciao hostel" hotel ini terkenal akan view bukit dan lautnya. Awalnya saya berencana menginap di hostel ini karena alasan menghemat dan ingin mencari lokasi yang dekat dengan pelabuhan Tilong/Kp3, saya membatalkan rencana itu. 

Jika tidak sedang high season harga permalamnya sekitar Idr 120.000 by Agoda. Mungkin next saya akan mencoba hostel ini ketika berkunjung ke labuan bajo lagi.



Tempat oleh-oleh Labuan Bajo yang saya kunjungi adalah exotis dikarenakan lokasinya berada diseberang bandara komodo dan untuk menghemat waktu. Namun saran saya jika kamu ingin membeli oleh-oleh berupa kopi beli saja di mart yang ada di kota seperti Deny's atau Roxy mart karena jauh lebih murah daripada di exotis. Contoh perbandingan kopi  flores ukuran 200 gram dijual sekitar Idr 20.000 di Exotis sementara di mart hanya sekitar Idr 12.000-13.000




Apabila ingin membeli kain tenun lebih baik membeli di bapak-bapak yang berjual keliling (bisa ditemui di pelabuhan Tilong/Kp3 area terminal penumpang harganya sekitar Idr 200.000 

Namun jika ingin membeli kaos-kaos katun bertuliskan komodo island bisa membeli di exotis sini ketimbang didalam bandara. Harga kaos untuk dewasa dijual sekitar Idr 70.000 - 100.000. Untuk magnet kulkas dan gantungan kunci sekitar Idr 15.000

Saya akan melanjutkan perjalanan saya di Labuan Bajo ini di part 3. Ditunggu yah 😁


Comments

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen