Taroko Gorge, Yehliu Geopark, Yangmingshan Wisata alam Taiwan

Wisata Alam di Taiwan

Saya sempat memposting mengenai  “Bebas Visa Taiwan untuk paspor Indonesia” di link ini. Seperti Tagline Blog saya “Sharing First Hand Experience” saya pun akhirnya berkesempatan mencoba menggunakan fasilitas free visa ini untuk mengunjungi Taiwan selain ingin membuktikan sendiri bahwa fasilitas free visa ini memang bisa digunakan dan saya juga berkeinginan travelling ke Taiwan karena saya belum pernah mengujungi Negara ini sebelumnya.

Pada  awalnya saya sempat deg-deg an saat akan berangkat ke Taiwan, karena pada saat saya check in di bandara soekarno pihak maskapai menanyakan banyak pertanyaan seperti meminta bukti tiket keluar hingga print out sertifikat ROC. Hal ini membuat saya jadi ragu dan berpikir “apakah mungkin saya bisa ditolak masuk ke Taiwan”.  Untuk memastikannya saya sampai bertanya beberapa kali ke petugas maskapai “apakah sebelum saya ada yang pernah menggunakan fasilitas ini” namun petugas tersebut tidak memberi jawaban yang memuaskan saya.  Hal ini membuat saya gelisah hingga saya tiba di bandara Taoyuan Taiwan.

karena dibeberapa blog yang pernah saya baca hanya menjelaskan cara/prosedur pengajuan sertifikat secara online namun tidak menjelaskan keberhasilannya masuk ke Taiwan dengan menggunakan fasilitas ini membuat saya jadi sedikit ragu-ragu.

Akhirnya saat tiba di bandara Taiwan dan saat saya pun menyerahkan passport, print out sertifikat ROC, Kartu Arrival dan Tiket keluar Taiwan ke pihak imigrasi tanpa banyak bertanya mereka langsung mencap passport saya dan saya pun bisa masuk ke Negara ini dan perasaan gelisah pun sirna. Yeah akhirnya saya masuk ke Taiwan 😁.

Pasport saya yang dicap ROC

Di postingan kali ini saya akan membahas 3 tempat wisata alam yang saya kunjungi selama di Taiwan

1. Yehliu Geopark
Merupakan Salah satu tujuan wisata yang berada di Taiwan Utara. Tempat ini menyajikan formasi geologi yang terbentuk akibat pergerakan bumi , gelombang serta erosi air laut sejak ribuan tahun.  Salah satu bentuk unik geologi ini dan menjadi ikon adalah “Queen’s Head” dinamakan Queen head karena bentuknya berbentuk jamur dan menyerupai profil ratu Elisabeth jika dilihat dari beberapa sudut.

Jam Operasional : setiap hari dari jam 8 AM – 5 PM
Harga Tiket Masuk : NTD 80 (Dewasa)
Website Resmi : www.ylgeopark.org.tw
Akses ke tempat ini : dari Taipei main station exit no.M1 Lokasi terminal bus persis dibelakang pintu exit ini (terminal bus ini sama dengan bus ke airport no.1819). Naik bus kuo-kuang no 1815 dengan harga tiket bus NT 96

2. Yangminshan
Yangminshan selama zaman pendudukan Jepang sempat disebut “Caoshan” (Grass Mountain) karena daerahnya ditutupi oleh rumput dan jarang dikunjungi namun setelah perang dunia ke 2 berakhir, pemerintah menganti namanya menjadi yangminshan dan membangun taman disini.
Tempat ini merupakan satu dari Sembilan taman nasional yang ada di Taiwan dan merupakan taman nasional yang  mudah dijangkau dari pusat kota Taipei, lokasi sendiri berada di utara kota Taipei. Taman ini memiliki geografis Vulkanik dan sumber air panas. Itulah mengapa ketika saya sedang hiking saya dapat mencium bau belerang.
Salah satu lokasi spot terbaik di Yangminshan yang kami datangi adalah xiaoyaoukeng.

Ada beberapa Spot di Yangmingshan yang bisa kamu kunjungi. Saran saya tentukan dahulu spot mana yang ingin kamu datangi terutama jika kamu mengunjunginya dalam 1 hari.

Jam Operasional : 9 AM-4.30 PM
Harga Tiket Masuk : free admission
Website Resmi : https://english.ymsnp.gov.tw/
Akses ke tempat ini : Turun di Jiantan Station dan keluar dari exit no. 1 dan berjalan ke sebelah kiri kamu akan menemukan bus terminal disisi kiri dan naik bus no. S15 atau S17 dengan tujuan Yangmingshan station dengan harga NT 15. Setelah sampai di Yangmingshan station kamu perlu untuk naik shuttle bus no.108 lokasi terminal bus ada didalam Yangmingshan bus stop area

3. Taroko Gorge
Salah satu taman nasional park yang memiliki keindahan alam yang natural. Nama Taroko dinamai oleh suku asli Truku Aborigin yang berarti "Manusia". Taman nasional ini berukuran 920 SQ KM yang menawarkan pemandangan gunung, jurang, termasuk pemukiman asli, kuil dan banyak jalur hiking bagi pengunjungnya. Ada beberapa spot yang ada dapat kamu kunjungi di Taroko tanpa perlu mengajukan ijin (Permit) meliputi : Shakadang Trail, Eternal Spring Shrine Trail,  Buluowan Recreational Area and Trail, Huoran Pavillion Trail, Baiyang Waterfall Trail, Lianhua Pond Trail, Hehuan East Peak and Main Peak, Mt. Shimen Trail and Mt. Zhuilu Old Road Trail.

Jam Operasional : Sepanjang tahun
Harga Tiket Masuk : free admission
Website Resmi : http://old.taroko.gov.tw/English/

Akses ke tempat ini : Saya menggunakan kereta api lokal dari taipei main station dengan membelinya via online di link ini Kamu bisa mencetak tiket di minimart seperti seven eleven dengan membayar fee NT 16

Tujuan saya adalah Xincheng station. Saya memilih Xincheng karena dari Xincheng railway station ke Taroko paling dekat dibandingkan Hualien yaitu sekitar 5-7 menit dengan menggunakan Bus no. 302 atau no.1133A. Lokasi halte bus berada diluar station. Jalan keluar dari station Xincheng dan berjalan ke kiri arah parkiran.

Oh iya saya ingin menceritakan pengalaman saya yang ketinggalan airport train karena jadwal terakhir airport train hanya sampai jam 11 malam dan menurut petugas saya bisa menggunakan bus ke airport dari terminal bus. Akhirnya saya bergegas ke halte bus terdekat. Namun dipapan pengumuman di halte bahwa bus terakhir sudah close. saya sempat panik karena pesawat saya ke Busan jam 3.30 pagi dan saya harus tiba diairport minimal 3 jam sebelumnya karena ini penerbangan internasional.

Akhirnya saya coba bertanya ke loket yang masih buka di terminal Main Taipei. Menurut petugas seharusnya masih ada bus yang beroperasi ke airport no.1819, saya ingat bahwa saya sempat naik bus no.1815 ke Yehliu dari terminal bus dekat exit M1 karena saya sempat melihat bus no.1819 ini diterminal bus tersebut. Saya pun bergegas kesana dan ternyata masih ada bus yang beroperasi ke airport no bus nya adalah 1819.

Kuo-Kuang Bus no. 1819 dengan rute Taoyuan Airport to Taipei main station dan sebaliknya seharga NT 125 dan kurang lebih memakan waktu 55 menit. Jadi jika kamu dari Taoyuan airport ingin ke Taipei main station atau sebaliknya bisa menggunakan bus ini.

Jadi buat kamu yang melakukan penerbangan pagi bisa menggunakan transportasi bus ini untuk ke airport. Kelebihan transportasi Bus ini adalah Wi-fi dan tempat colokan USB untuk Charge HP.

Terima kasih sudah membaca Blog saya, Sampai ketemu lagi di postingan saya yang lain 😁

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa