Wisata Sapporo, Hokkaido Part 2

Wisata Sapporo, Hokkaido Part 2

Pada postingan part 1 saya telah membahas no. 1 hingga 7. Di part 2 ini saya akan kembali melanjutkan dari nomor 8

Sedikit Catatan tambahan : bagi kamu yang ingin menggunakan moda transportasi bus atau trem (street car) namun tidak memiliki kartu SPICA, kamu tidak perlu membeli tiket kamu bisa langsung membayarnya didalam bus/trem pada saat kamu turun. Saran saya siapkan uang pas. Jika uangmu dalam pecahan besar kamu bisa menukarnya dimesin yang ada didekat supir.

8. Maruyama Park & Hokkaido Shrine
Taman ini merupakan landmark terbaik untuk didatangi pada saat musim semi karena kamu akan dapat melihat bunga-bunga bermekaran ditaman ini. Dan didalam area taman ini ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi seperti maruyama zoo, maruyama baseball stadium serta hokkaido shrine yang terletak di sebelah utara taman ini. Pada saat musim dingin seperti saat saya mengunjungi tempat ini saya melihat pemandangan yang berbeda karena kamu tidak akan melihat bunga bermekaran namun kamu akan melihat hamparan salju ditaman ini yang juga tetap kelihatan indah.






Tempat lain yang saya kunjungi didalam taman ini adalah hokkaido shrine yang merupakan kuil shinto yang pada setiap tanggal 14 sampai 16 juni setiap tahunnya akan diadakan festival sapporo matsuri yang mana akan ada barisan orang-orang berpawai sambil membawa mikoshi (divine palanquin) dari jalan menuju ke kuil ini.


Didalam area kuil ini terdapat area dimana kamu bisa membeli jimat keberuntungan seperti jimat untuk ujian, kelahiran, dan lain sebagainya. Dan diarea luar juga terdapat tempat minum sumber mata air.


Jam operasional : sepanjang tahun
Website resmi :
http://maruyamapark.jp/lang/english.html
http://www.hokkaidojingu.or.jp/eng/00.html
Akses ke tempat ini : turun di maruyama koen (tozai subway line) keluar dari exit no.3

9. Okurayama Ski Jump stadium & Sapporo winter sports Museum
Okurayana ski jump ini dahulunya digunakan sebagai lokasi kompetisi olimpiade ski jump yang diadakan tahun 1972 dan sekarang ini tempat ini tidak lagi digunakan untuk kompetisi olahraga. Ditempat ini sekarang dijadikan tempat observatory untuk melihat pemandangan kota sapporo. Kamu bisa menggunakan chair lift untuk menuju top hill dengan membayar sebesar 500 yen



Dan diarea yang sama  dengan okurayama ski jump juga terdapat Sapporo winter sports museum, didalam museum ini terdapat beberapa simulator fun sport games. Salah satunya adalah vurtual ski jumping. Namun untuk masuk ke museum ini kamu harus membayar entrance fee sebesar 600 yen.




Jam operasional  :
Okurayama ski jump : 
8.30-18.00 (Apr 29-Nov 3)
9.00-17.00 (Nov 4-Apr 28)

Museum
9.00-18.00 (May-Okt)
9.30-17.00 (Nov-Apr)

Website resmi :
http://okura.sapporo-dc.co.jp/sp/index.html (bahasa jepang)

Akses ketempat ini : turun di Maruyama Koen Station keluar dari exit no.2 menuju ke terminal bus lalu naik bus no.14 dan turun di Okurayama Kyogijo Iriguchi bus stop dan berjalan kurang lebih 10 menit menuju tempat ini. Biaya bus sebesar 210 yen sekali jalan. 

Jika kamu kesulitan kapan akan turun dipemberhentian bus karena tulisan mayoritas dalam bahasa jepang kamu bisa minta tolong ke supir bus sambil menunjukkan gambar dan tulisan lokasi ini.

Untuk no. 8 dan 9 saran saya kamu bisa lakukan di hari yang sama mengingat rute subway train yang masih 1 rute sehingga dapat menghemat biaya transportasi.

10. Mt. Moiwa

Banyak review bahwa mt.moiwa merupakan lokasi terbaik untuk melihat pemandangan kota sapporo pada malam hari. Dan memang benar saat berada di atas mt. Moiwa kamu akan dapat melihat lampu-lampu menyala dikota sapporo dan untuk mencapai puncak gunung ini kamu perlu menaiki 2 kali cable car yang pertama ropeway dan kemudian dilanjutkan dengan menaiki mini cable car menuju puncak. 




Dipuncak mt. Moiwa ini kamu juga akan melihat lonceng yang konon saat kamu membunyikan lonceng kebahagiaan bersama pasangan kamu akan memperoleh kebahagian. Karena area lonceng ini merupakan spot bagi orang-orang menaruh gembok cinta. Oh iya saya sempat melihat brosur yang dipajang diarea cable car bahwa tahun 2018 mereka akan membuka atraksi pengamatan bintang di mt. Moiwa ini.




Untuk menaiki ropeway dan mini cable car kamu harus membayar sebesar 1.700 yen (roundtrip)

Jam operasional untuk cable car : 10.30 - 22.00 (khusus bulan desember - maret dari jam 11.00) pembelian tiket dapat dilakukan terakhir yaitu 30 menit sebelum jam tutup.

Website resmi : moiwa.sapporo-dc.co.jp/sp (dalam bahasa Jepang)

Akses ke tempat ini : saya menggunakan street car atau trem yang berada di daerah tanukikoji (dengan membayar sebesar 200 yen) oh iya kamu bisa langsung membayar didalam trem pada saat kamu turun (ada kotak didekat supir pada saat kamu turun). Dan kamu berhenti di ropeway Iriguchi menuju ke terminal bus "free shuttle bus Ropeway" hanya jalan 1-2 menit dari pemberhentian street car (ada disebelah kirimu) dan menyebrang setelah itu berjalan lurus sekitar 20-50 meter.




11. Moerenuma Park

Taman ini berada dipinggiran kota sapporo dan didalam taman ini ada beberapa tempat yang kamu harus dikunjungi salah satunya Glass Pyramid "Hidamari" yang merupakan simbol dari taman ini. Pyramid ini merupakan bangunan berlantai 3 dan diarea bawah ada ruang santai atau area duduk-duduk. Sebenarnya dilantai 3 ada area observatory hanya saya kurang beruntung pada saat musim dingin tidak beroperasi. Oh iya saya sempat bertemu pasangan yang melakukan foto prewedding di lokasi ini. Luar biasa sekali mereka dicuaca dingin mereka masih melakukan foto prewedding.









Selain glass pyramid ada lokasi lain yaitu air mancur mungkin karena salju atraksi air mancur tidak diadakan. Lokasi lainnya gunung Moerne yaitu gunung buatan dengan tinggi 62 m dan pada musim dingin  merupakan tempat favorite untuk bermain kereta luncur.

Jam operasional : buka sepanjang tahun dari jam 7.00-22.00 
Website resmi : http://moerenumapark.jp/english/
Akses ke tempat ini : turun di kanjo dori higashi (toho subway line) keluar dari exit no.2 menuju bus terminal naik bus nomor 69 atau 79 dan turun di moerenuma koen higashiguchi (east entrance) east entrance ini yang buka sepanjang tahun. 

Jika kebinggungan turun dimana gunakan cara saya tunjukan tulisan atau gambar lokasi ini ke supir bus. Ongkos bus sebesar 210 yen

12. Former Hokkaido government office

Tempat ini juga merupakan salah satu landmark sejarah yang ada di Sapporo. Dahulunya merupakan kantor pemerintahan kota hokkaido di sapporo namun sekarang ini bangunan ini merupakan tempat fasilitas bersejarah yang didalamnya terdapat museum, toko souvenir, perpustakaan, serta ruang pameran. Dan free entrance fee untuk memasuki bangunan ini 







Jam operasional : 08.45-18.00
Website resmi :
http://www.pref.hokkaido.lg.jp/sm/sum/sk/akarenga.htm (bahasa jepang)
Akses ke tempat ini : turun di sapporo station (toho subway line) keluar dari exit no.10

13. Hokkaido University & Museum
Tempat ini merupakan salah satu tempat favorite saya selama di Sapporo. Bukan hanya karena free entrance fee namun karena pemandangan di sekeliling univeristas ini yang indah dan cantik. Rasanya ingin kembali ke masa-masa kuliah jika memiliki kampus seperti ini. Bangunan-bangunannya yang bergaya barat serta tamannya yang dikelilingi pohon elm. Tempat ini wajib jadi salah satu tempat yang wajib kamu datangi jika berkunjung ke Sapporo.









Jam operasional : 10.00 - 17.00 (senin tutup)
Website resmi : 
https://www.museum.hokudai.ac.jp/english/
Akses ke tempat ini : turun di sapporo station (Toho subway line) dan keluar dari north square underground passage exit no.9 (kita 7-jo nishi 4-chime), jalan sekitar 5-7 menit.

14. Nijo Market

Di pasar ini kamu akan menemukan seafood serta sayuran segar. Mungkin bisa dibilang tempat ini mirip tsukiji fish market yang ada ditokyo namun dalam versi lebih kecil. Ditempat ini mungkin surga untuk pencinta seafood. Kamu akan mudah menemukan kepiting berukuran raksasa ditempat ini. Di pasar ini juga terdapat restauran yang menjual makanan seafood. Jadi bagi kamu pencinta seafood jangan lewatkan tempat ini.




Jam operasional : 07.00-18.00
Website resmi : 
http://nijomarket.com/#googtrans(en)
Akses ke tempat ini : turun di bus center mae (tozai subway line) jalan sekitar 3 menit


15. Tanukikoji shopping arcade
Area perbelanjaan sepanjang kurang lebih 1 km dari Nishi 1-chome hingga 7-chome dimana terdapat ratusan toko didalamnya. Didaerah ini kamu bisa berburu oleh-oleh, makanan, obat, kosmetik hingga pakaian/fashion. Kamu tidak perlu takut hujan ataupun panas ke area ini karena sepanjang area ini telah beratap. Salah satu favorite saya berbelanja oleh-oleh yaitu di "Don Quijote". Ditempat ini kamu bisa mencari kosmetik, snack ala jepang hingga peralatan rumah tangga dengan harga murah. Letak toko ini "Don Quijote" berada di Tanukikoji nishi 3-chome. 


Di Area ujung tanukikoji nishi 3-chome dan 4-chome terdapat underground lift menuju pole town (area perbelanjaan bawah yang terkoneksi dengan station subway odori dan susukino)

Tambahan:

Makanan yang wajib kamu coba di Sapporo

1. Genghis Khan “Lamb Meat”
Saya sempat membahas genghis khan saat saya membahas mengenai Sapporo Beer museum. Kali ini saya akan membahas "Daruma Hoten Genghis Khan" yang saya coba di daerah susukino. Saya memilih restauran ini karena tempatnya yang kecil dengan meja panjang yang digunakan beramai-ramai. Maklum saya solo travelling biar tidak berasa canggung makan sendiri. Harganya tergantung apa yang kamu pesan. Untuk harga 1 porsi daging lamb genghis khan standar seharga 798 yen.




Jam operasional : 17.00-03.00
Cara menuju ketempat ini dari Susukino station keluar dari exit no.4 setelah keluar dari exit 4 kamu akan melihat mall/departemen store "susukino lafiler" didepanmu kamu tinggal berjalan kearah belakang gedung ini. Karena restauran berada tepat 1 blok dibelakang gedung ini.

2. Hinode Soba di statiun bawah tanah dengan harga 290-390 yen per porsi
Saya mengetahui tempat ini dari review sapporo travel. Selain harganya murah, mengenyangkan dan juga cukup enak serta banyak warga lokal yang makan di tempat ini. Hinide soba ini berlokasi di lantai basement yang terkoneksi dengan exit no.10 dari station odori. Carilah pintu keluar exit no.10 untuk menemukan tempat ini.




3. Olahan Keju, Susu serta Kentang
Dikarenakan kondisi wilayah serta cuaca hokkaido yang baik membuat susu, keju serta kentang dari daerah ini berkualitas baik. Tidak heran kenapa di jakarta banyak sekali berjamur toko cheese cake yang membawa nama hokkaido. Jika kamu berkunjung ke kota ini kamu wajib mencobanya.

Beberapa cheese cake yang saya coba di sapporo yaitu Kinotoya dan Le Tao


Kamu bisa menemukan kinotoya di Underground Pole Mall




Untuk LeTao sendiri merupakan cheese cake khas kota otaru dan di kota sapporo sendiri hanya memiliki satu cabang yaitu di daimaru dept store lantai B1F. Daimaru B1F merupakan lokasi favorite saya karena ini seperti surga pencinta makanan serta desert jepang. Saya menemukan kue ikan matcha di daimaru ini.

Cara ke Daimaru : station sapporo cari exit no. 2 lokasi mall ini berada diantara sapporo exit 2 serta station JR




Untuk olahan susu kamu bisa mencoba es krim susu hokkaido dan untuk olahan kentang kamu bisa mencoba snack kentang yang banyak dijual di minimart.

Nb : Ada 2 tempat lagi yang kamu harus kunjungi yaitu 1. Daiso. Harga yang ditawarkan daiso itu murah dengan barang yang cukup berkualitas. Lokasinya dekat dengan tanukikoji

2.Underground shopping area yang terkoneksi antara subway station odori, susukino serta sapporo. 


Berikut ini daftar harga subway yang saya foto di station subway


Jika kamu ingin melihat foto-foto perjalanan saya bisa lihat di instagram saya dilink ini 

Bagi kamu yang memiliki pertanyaan seputar Sapporo yang bisa saya bantu silahkan comment saja yah. terima kasih buat kamu yang sudah mengunjungi dan membaca blog saya. See you di postingan saya lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen