Traveling Seoul - Jeju - Busan Part 5

Lanjutan dari part 4 ….

Part yang lalu kita sudah membahas perjalanan saya dibusan. Akhirnya kita akan masuk ke perjalanan saya di Seoul. Untuk perjalanan di Seoul kamu juga bisa mencari banyak referensi dari blog lain untuk melengkapi referensi perjalanan kalian.

Berikut itinerary saya selama di Seoul:

Hari ke 1 Myeondong Area


Hari ke 2 

Gyeongbokgung Palace
Hongdae Area
Samcheong dong Area


Hari Ke 3

Namsan Tower
Namdaemun Market

SEOUL

1. Myeongdong Area

Saya sampai dihotel sudah cukup sore, dan saya juga belum makan malam. Maka saya memutuskan untuk makan malam di sekitar daerah Myeongdong sekaligus berkeliling daerah tersebut yang terkenal sebagai salah satu area perbelanjaan di Seoul. dari beberapa review di blog ada satu restaurant yang wajib dicoba jika kamu mengunjungi daerah Myeongdong yaitu "Myeongdong Gyoza". Katanya restaurant ini sudah berdiri sejak 1966 dan cukup ramai didatangi pengunjung. Karena di rekomendasi beberapa orang maka saya memutuskan kesana. Makanan yang favorite ditempat ini adalah Kalguksu dan Gyoza harganya sekitar 18.000 won untuk kedua menu ini.




Cara menuju ke Myeongdong Gyoza : Myeongdong station line 4 keluar dari exit nomor 8, setelah keluar dari exit 8 belok ke kiri dan jalan sekitar 200-250 meter kamu akan melihat perempat jalan masih lurus namun sudah tidak jauh, restaurant tersebut ada disisi sebelah kanan

Myeongdong area merupakan pusat perbelanjaan, area ini dikelilingi banyak sekali pertokaan dari yang menjual pakaian hingga kosmetik seperti etude, innisfree, holika, dan masih banyak lagi selain itu diarea ini juga banyak penjual jajanan jadi bagi kamu yang ingin mencoba jajanan pinggir jalan boleh datang kesini. 

Selain itu Kamu juga bisa mencoba ice cream yang tingginya sekitar 30 cm (foot long ice cream) seharga 2.000 won maupun ice cream berbentuk mawar (milky bee) seharga 5.500 won diarea Myeondong ini.




Untuk ke Myeongdong Area sendiri kamu bisa mengunakan rute saya diatas. Karena saat kamu keluar dari Exit 8 dan belok kiri kamu sudah memasuki wilayah Myeongdong Area

2. Gyeongbokgung Palace 

Merupakan kerajaan pertama yang dibangun oleh dinasti Joseon sekitar 600 tahun yang lalu. Tempat ini adalah salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di Seoul. Pada saat kamu masuk wilayah ini kamu akan merasakan seperti berada didalam drama saeguk Korea (drama khas kerajaan korea). Suasana kerajaan begitu terasa ditempat ini. Ditambah dengan adanya dengan upacara pergantian penjaga istana. Namun upacara tersebut tidak terjadi di setiap jam. Jadi buat kamu yang ingin datang pada saat pergantian penjaga perhatikan jadwalnya yah. jadwalnya yaitu jam 10:00, 13:00 dan 15:00.



Satu hal yang perlu diperhatikan lagi yaitu setiap hari “Selasa” Gyeongbokgung Palace tutup.


Oh iya, apabila kamu menggunakan hanbok ke Gyeongbok maka kamu bisa bebas (free) masuk tanpa perlu membayar tiket masuk. Untuk tiket masuknya sendiri sekitar 4.000 won per orang (Juni 2017).



Pada saat saya hendak masuk ke Gyeongbok Palace, saya dihampiri oleh 2 anak remaja korea berpakaian warna kuning bertuliskan Youth Culture Corps Tourism dan mereka menawarkan diri untuk mengajak saya berkeliling istana sembari menjelaskan mengenai sejarah dari istana ini. 

Jangan takut mereka tidak memungut biaya alias Free dan ternyata ini bagian dari tugas sekolah mereka sembari meningkatkan kemampuan inggris mereka. Kurang lebih perjalanan mengelilingi istana ini membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam.

Cara menunju ke sini : Gyeongbokgung station line 3 dan keluar dari exit 5.

Buat kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata di seoul dengan Tur secara gratis sambil menambah koneksi pertemanan. Kamu bisa menghubungi #Seoulmate mereka merupakan perkumpulan mahasiswa yang secara sukarela memberikan special tur kepada turis atau orang asing yang berkunjung ke Seoul. 

Saya pernah mengikuti tur mereka pada tahun 2012 lalu yang pada saat itu mereka mengadakan tur ke Pulau Nami. dan saya hanya dikenakan biaya sebesar 10.000 won untuk biaya tiket kapal dan bus. Kamu tidak perlu membayar jasa mereka karena mereka melakukan secara sukarela.

Foto saya mengikuti tur #Seoulmate tahun 2012 ke Pulau Nami
Jika kamu tertarik kamu bisa melihat jadwal tur mereka yang sesuai dengan rencana perjalanan kamu. Berikut ini linknya

3. Hongdae

Tempat gaul dan nongkrongnya anak-anak muda seoul, dikarenakan daerah ini dekat dengan Hongik University. Berbagai hal menarik bisa kamu temui didaerah ini salah satunya pertunjukan dance jalanan, music indie. Didaerah ini kalian juga akan menemui banyak toko-toko pakaian, aksesoris serta restaurant atau kafe yang unik.




Setiap hari sabtu didaerah Hongdae mengadakan “Hongdae free market” yang dimulai dari jam 13.00-18.00 berlokasinya di  Hongik Children’s Park. Kamu bisa check websitenya di www.freemarket.or.kr

Siapa tahu kamu bisa menemukan barang-barang unik dengan harga murah dipasar Hongdae ini karena banyak mahasiswa yang memamerkan karyanya disini.

Cara munju kesini : Hongik University station line 2 keluar dari exit 9 berjalan lurus kurang lebih sekitar 150 m kemudian menyebrang jalan lalu belok kiri dan jalan lurus sekitar 500 m menuju Hongik University kemudian kanan menuju Hongik Children’s Park

4. Samcheong-dong Area

Tempat dimana bersatunya tradisional dan modern, kamu akan melihat bangunan-bangunan modern dan rumah tradisional Korea didaerah ini. Banyak kafe-kafe yang unik dan cantik. Bahkan oleh orang korea sendiri tempat ini direkomendasikan untuk dikunjungi. Lokasi tempat ini berdekatan dengan Gyeongbokgung jadi kamu bisa memasukan tempat ini dalam satu rute perjalanan.



Cara menuju kesini : Anguk Station line 3, keluar dari exit 1 jalan lurus sekitar 100 m lalu belok kanan menuju gang samping Pungmun Girl’s High School.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi rumah tradisional korea, kamu bisa mengunjungi Hanok Bukchon Village karena masih disatu daerah dengan Samcheondong area.

Hanok Bukchon Village
Cara menuju Hanok Bukchon Village : Anguk Station line 3, keluar dari exit 1 berjalan lurus sekitar 300 m

5. Namsan Tower

Karena hotel saya dekat dengan Namsan cable car building saya memutuskan menggunakan cable car menuju Namsan Cable car. 

Tower ini ikonik dari seoul, kamu bisa melihat pemandangan kota Seoul dari menara ini.



Tempat ini juga terkenal bagi pasangan yang ingin mengabadikan cintanya dengan memasang gembok pasangan disini. Bagi yang berkunjung ke Seoul bersama pasangannya silahkan mencoba memasang gembok disini. Namun buat kalian yang datang kemari sendiri jangan bersedih hati kalian bisa foto-foto dengan ratusan gembok yang terpasang disana  (menghibur diri sendiri 😂) sambil menikmati gulali kapas (soft candy) dengan bentuk yang lucu yang dijual dilokasi tersebut harganya sebesar 5.000 won. Pada waktu itu yang jualan gulalinya cukup ganteng, lumayanlah cuci mata 😁


Cara menuju kesini : dari Heohyeon station line 1 berjalanlah kearah hotel park hill myeongdong (dibahas di part 1), setelah kamu sampai Park Hill Hotel menyebranglah kearah Lotte Castle Apartemen berjalan lurus saja karena didepan Lotte Castle Apartemen ada Heohyeon Underground turun kebawah melalui undergtound tersebut, lalu belok kekanan dan berjalan lurus lalu belok kanan lagi (seperti menyebrang jalan) kemudian naik tangga kearah keluar underground. Setelah keluar berjalan lurus saja sekitar 300 m jalannnya akan menanjak ke atas dan kamu akan melihat Namsan Eskalator yang akan mengantarmu keatas gedung Namsan cable car.




6. Namdaemun Market

Pasar tradisional ini terbesar di korea, pertama kali dibuka di tahun 1964. Daerah ini di padati oleh kurang lebih 10.000 pedagang retail, vendor dan tersebar di banyak blok-blok dari penjual aksesoris,souvenir,baju,kosmetik,peralatan rumah tangga hingga makanan baik restauran maupun penjaja makanan pinggir jalan.


Cara menuju kesini : Heohyeon Station line 4 keluar dari exit 5 

Jika kamu membutuhkan referensi tempat wisata lain yang ada di Seoul selain yang sudah saya bahas diatas. Kamu bisa baca di postingan saya mengenai "Alternative tempat wisata lainnya yang ada di Seoul" di link ini

Tambahan ini foto map dari Incheon Airport


Dipart selanjutnya saya akan membahas yang mungkin terlewat dari part 1 sampai 5. Terima kasih buat yang sudah membaca blog saya

Comments

  1. Kalo boleh tau.. total budget yg dikeluarkan brp ya?
    Tq...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih untuk 8 hari 7 malam 8,5 - 9 juta (diluar oleh2). catatan ini biaya saat libur lebaran 2017.


      1. tiket pesawat air asia 3,9 jt (pp) wkt libur lebaran. mungkin jika berangkat dibulan biasa bisa dibawah 3,9 jt karena saya pernah dapat tiket pp 2,5 jt (air asia).
      2. tiket pesawat seoul-jeju dan jeju-busan kurang lebih 1,1 juta
      3. hotel 8 hari kurang lebih 1,5 jutaan
      4. transport seoul-jeju-busan kurang lebih 1 juta
      5. makan berbeda2 tiap orang kalo saya kurang lebih 1 jutaan

      biaya makan bisa dihemat namun tiap org berbeda2. sebenarnya biaya transport bisa dihemat namun karena ke 3 kota biayanya agak sulit dihemat terutama di jeju. makin banyak kota yang dikunjungi makin besar biayanya.

      jika kamu punya rencana ke jeonju kamu bisa hemat budget transport dengan biaya 10.000 won PP. kamu bisa baca di link ini https://alt3rnativeways.blogspot.com/2018/05/jeonju-hanok-village.html

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen