Hal-Hal Yang Wajib Kamu Coba Di Korea Selatan

Hal-Hal Yang Wajib Kamu Coba Di Korea Selatan


Dipostingan saya yang lalu saya sempat membahas Hal-hal yang dapat dilakukan di Busan secara gratis alias Free mulai dari tempat-tempat yang dapat kamu kunjungi tanpa membayar entrance fee sampai mencoba kegiatan seperti hanbok dan tea ceremony secara gratis. Kamu bisa baca postingan saya mengenai free thing to do in Busan Part 1 dan Part 2

Kali ini saya ingin membahas mengenai Hal-hal yang perlu kamu coba atau lakukan selama berada di Korea Selatan khususnya Busan. Biar berasa seperti orang korea 😁

Ada hal menarik dan unik yang terjadi selama saya di Korea bahwa Orang Korea tidak menerima tips. Jika di Indonesia kita mungkin terbiasa memberikan tips di restauran. Namun kebiasaan tersebut tidak lazim di Korea karena pernah sekali seorang teman menaruh uang kembali sebagai tip namun dikembalikan oleh penjaga restaurannya. Tiap Negara punya keunikannya tersendiri

Berikut ini hal-hal yang wajib kamu coba di Korea Selatan yaitu :

1. Mengunjungi PC Cafe
Tempat ini sangat populer dikalangan remaja atau anak muda korea. Tempat ini bisa dikatakan mirip seperti warnet yang ada di Indonesia. Cuma akhir-akhir ini Warnet kurang populer sementara di Korea tempat ini selalu ramai dikunjungi anak-anak muda korea terutama weekend  mungkin untuk melepas stres terutama bagi student/pelajar. Beberapa student saya di tempat magang bercerita kalau anak SMA di Korea memiliki jam sekolah yang sangat panjang yaitu jam 8 pagi hingga 10 malam. Ga kebayang di Jakarta saja mendengar anak SMA yang jam sekolah dari jam 7 sampai 4 sore sudah berasa seperti orang kerja. Ternyata di Korea lebih panjang jam sekolahnya. 






Didalam PC Cafe ini juga menyediakan menu makanan jadi jika kamu lapar bisa langsung pesan. Pantes pada ga pulang2 😁.


Apabila kamu berkeinginan mencoba mengunjungi tempat ini kamu bisa mendatangi daerah seperti Soemyoen dan area kampus seperti Kyungsan/ lihat saja gedung dengan plang bertuliskan PC Cafe



2. Mencoba Spa/jimjilbang
Bagi kamu yang suka drama atau reality show korea pasti tidak asing dengan tempat yang satu ini. Salah satu lokasi SPA yang cukup terkenal di Busan yaitu SPA Land yang ada didalam mal Shinsegae. Selain kamu bisa menikmati berendam di air hangat hingga panas, sauna. Kamu juga bisa mencoba telur rebus namun warnanya kecoklatan juga shikhye (minuman yang terbuat dari beras)




Jika kamu berkunjung ke Busan, kamu bisa mendatangi SPA Land ini yaitu kamu turun di Centum City (subway line 2) lokasinya berada di dalam Mall Shinsegae.

3. Memesan delivery makanan Di restaurant Chinese food
Untuk hal yang satu ini kamu mungkin memerlukan bantuan teman atau orang korea. Patut dicoba kalau kebetulan kamu punya teman /kenalan orang korea. Delivery di korea cukup "make me impress" karena kecepatan dalam pengiriman patut diberi jempol. Kami memesan 8 porsi makanan hanya memerlukan waktu 10 menit tiba di tempat kami.








4. Mencoba Samgeopsal dengan Somek
Samgeopsal merupakan makanan ala BBQ dengan bahan baku daging babi (Pork). Mayoritas orang korea memakan samgeopsal dengan Soju dan ada pula yang dengan Somek singkatan dari Soju dan Mekju (Soju dan Bir). Kamu harus mencampur Soju dan Bir dengan jumlah yang pas. 






Sekarang ini Soju memiliki banyak varian rasa seperti grapefruit, peach hingga pineapple. Pertama kali saya mengunjungi korea saya hanya mencoba yang rasa original dan bagi saya rasanya bitter dan tidak enak. Namun dengan banyak varian rasa saat ini membuat Soju enak umtuk dinikmati. Salah satu favorite saya yaitu grapefruit. Jangan minum banyak-banyak karena kadar alkoholnya cukup tinggi.




5. Mencoba Chimek
Chimek merupakan singkatan dari Chiken dan Mekju (ayam dan bir). Chimek menjadi makin terkenal karena adegan drama yang menampilkan pemeran utama yang selalu makan ayam dengan bir. Jika kamu ingin mencoba Chimek kamu bisa mencoba dibanyak restauran. Saya mencoba Chimek didaerah Jangsan dan dekat daerah Gwangalli beach serta didalam the bay 101. Cita rasa ayam goreng di korea sangat enak dari rasa original, cheese, BBQ hingga garlic.








6. Mencoba Takpal dan Cokpal
Takpal berarti kaki ayam sementara cokpal berarti kaki babi. So far saya hanya berkesempatan mencoba Takpal. Yang berbeda dari kaki ayam yang ada di Korea adalah mereka menyediakan kaki ayam boneless jadi tidak perlu repot - repot memisahkan tulangnya. Selain itu banyak varian rasa dari BBQ, spicy hingga cheesy.







7. Potong atau hairstyle rambut dikorea
Orang - orang korea terkenal akan penampilan mereka yang sangat fashionable. Mulai dari pakaian, make up hingga hair style mereka. 
Saran saya jika kamu ingin mencoba hal ini cari salon yang hairstylish nya bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris. Kamu juga bisa menunjukan gambar model rambut yang kamu inginkan untuk menghindari salah potong. 





8. Mencoba jajanan pinggir jalan
Mencoba makanan khas suatu negara merupakan kegiatan wajib bagi traveller. Banyak jajanan pinggir jalan di Korea yang bisa kamu coba mulai dari Topokki, Sundae, fish cake hingga bungopang (asin hingga manis). Di Seoul kamu bisa menjumpai aneka jajanan di daerah Myeongdong. Dan di Busan ada beberapa tempat seperti BIFF Square, Gukje market, Haeundae. Salah satu favorite jajanan saya selama di.Korea adalah Bungopang. Setiap bertemu makanan ini di pinggir jalan pasti selalu membeli  Bungopang merupakan cemilan dengan bentuk.seperti kue ikan yang didalamnya berisi kacang merah dan ada juga yang menyajikan dengan isi cream.






Jika kamu mengunjungi Busan kamu harus mencoba Hottoek cemilan dengan cita rasa manis yang didalamnya berisi aneka kacang-kacangan seharga 1.200 won



9. Mengunjungi club atau pub
Jika kamu menyukai tempat yang lebih tenang dan tidak terlalu bising "Pub" bisa jadi pilihanmu. Namun jika kamu ingin mencoba hingar bingar kamu perlu mencoba Club. Di Seoul kamu bisa menemui banyak Pub dan Club di daerah hongdae atau Gangnam dan salah satu yang terkenal adalah octagon katanya tempat hangout artis/idol korea. Untuk masuk club ini kamu perlu membayar sekitar 30.000 won. Di Busan kamu bisa menemukan banyak club dan pub didaerah Hongdae dan soemyeon. Salah satu yang terkenal adalah billie jean.



10.Menonton pertandingan baseball di Korea
Baseball merupakan olahraga favorite di korea selatan mengalahkan pamor sepak bola. Yang menarik saat nonton langsung di stadium adalah kebersamaan serta suasana kemeriahannya karena mayoritas orang korea datang berkelompok sambil membawa makanan ringan hingga makanan berat kedalam stadium termasuk bir. Jangan heran jika kamu melihat banyak orang yang menenteng makanan masuk kedalam stadium. Saat kamu menonton langsung kamu juga akan melihat atraksi lain seperti dance cam, kiss cam yang membuat suasana di stadium meriah. Jika kamu ingin menyaksikan pertandingan Baseball perhatikan jadwal pertandingannya karena seperti di bulan Nov dan Des 2017 lalu tidak ada jadwal pertandingan.





Saya sudah pernah membahas mengenai hal ini di travelling seoul - Jeju - Busan silahkan dibaca yah.


11. Nongkrong di cafe atau coffee shop
Dikalangan anak muda korea sekarang ini lebih populer untuk nongkrong dan meeting point di cafe. Karena akhir-akhir ini banyak anak muda khususnya yang beralih dari minuman beralkohol seperti Soju dan Bir karena memang ayoritas orang korea suka untuk minum minuman beralkohol. Salah satu cafe dengan design cafe yang cantik (perpaduan tradisional dan modern) yang saya kunjungi di Busan yaitu dekat dengan Oncheonjang Station (Subway line 1) exit 2









11.Menginap dirumah tradisional
Jika kamu punya budget lebih kamu bisa mencoba menginap di penginapan dengan konsep rumah tradisional. Terutama jika kamu mengunjungi kota seperti Jeonju dan Gyeingju karena kota - kota ini kental akan budaya tradisional dijamin kamu akan berasa kembali kemasa lalu. 




Oh iya kamu bisa membaca postingan saya mengenai perjalanan saya seharian di kota Gyeongju di link ini

12. Mencoba hanbok
Mencoba baju tradisional merupaka kegiatan wajib dicoba jika mengunjungi suatu negara termasuk halnya di Korea. Bahkan Palace seperti Gyeongbukgung memberi fasilitas free entrance buat kamu yang masuk ke palace dengan menggunakan hanbok. Di Busan sendiri kamu bisa mencoba free menggunakan Hanbok di 2 (dua) tempat ini yaitu BEXCO dan Busan Museum. Kamu bisa baca dipostingan saya mengenai "Free things to do in Busan".




13. Menonton Konser dan mengikuti festival
Nomor 13 ini kamu perlu memperhatikan jadwal nya karena jika kamu memang ke Korea bertujuan untuk mengikuti kegiatan ini. 

Seperti di Busan kegiatan BOF (Busan of Festival), Busan Firework serta Busan Film Festival diadakan di bulan Oktober 2017 yang lalu. Silahkan cek di website resmi KTO (Korea Tourism organization) di https://www.visitkorea.or.id untuk mengetahui jadwal festival yang diselenggarakan di korea untuk tahun 2018. Salah satu festival rutin yaitu festival lumpur (Mud festival)

Bagi kamu yang menyukai kegiatan lari marathon tahun depan akan ada kegiatan lari marathon di Seoul pada tanggal 18 Maret 2018.

Sebenarnya masih banyak hal lainnya yang kamu bisa coba dan lakukan dikorea biar berasa seperti warga lokal. Namun jika kamu berkunjung untuk liburan dengan waktu terbatas mungkin kamu hanya bisa mencoba beberapa hal yang saya bahas diatas.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca blog saya. Sampai ketemu dipostingan lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Sendiri Tiket Pesawat Dummy Tanpa Travel Agen untuk Keperluan pengajuan Visa

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM di Korea Selatan & Jepang

BPHTB 0 Persen